Kanal

DPR Dukung Pemerintah Tuntut Ganti Rugi Perusak Karang

JAKARTA - riautribune : Perusakan terumbu karang di Raja Ampat, Papua Barat oleh kapal pesiar MV Caledonian Sky sangat merugikan dunia pariwisata Indonesia.

Begitu kata anggota Komisi IV DPR RI Kasriyah dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Senin (20/3). Kata dia, pendapatan daerah Papua Barat dari sekto wisata akan berkurang karena minat wisatawan mengunjungi terumbu karang jadi berkurang.

“Rusaknya terumbu karang tersebut, tentu akan merugikan sektor wisata di Raja Ampat," ujar politisi PPP itu. Atas alasan itu, Kasriyah mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ia mendesak Kementerian LHK mengusut tuntas pihak-pihak yang bertanggung jawab agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Termasuk menuntut pihak MV Caledonian Sky sebagai perusak karang untuk memberikan ganti rugi atas musibah ini.

“Selaku mitra (LHK), kami (Komisi IV) juga mengimbau pemerintah dalam hal ini Kementerian Maritim, Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengusut tuntas kejadian yang menimpa wilayah wisata Raja Ampat itu,” pungkasnya.(rmol)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER