Kanal

Fahri Kritik Jokowi yang Satu Mobil dengan Ahok

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyayangkan sikap Presiden Joko Widodo yang satu mobil di kendaraan dinasnya dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menurut Fahri, seharusnya Jokowi tak melakukan itu karena berkaitan dengan etika. Hal itu terkait status Ahok yang menjadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama. Sikap Jokowi dianggapnya tak pantas jika berkaca pada dinamika politik di Pilkada DKI Jakarta.

"Jadi rasa etika Jokowi hancur sebetulnya di situ. Itu disayangkan sekali harusnya Pak Jokowi punya etika yang benar," kata Fahri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (24/2/2017).

"Orang sudah jadi terdakwa bicara sama Presiden, masuk mobil Presiden, dan Presiden seperti enggak melihat apa-apa," lanjut dia.

Dengan situasi seperti ini, kata Fahri, Jokowi seharusnya tak melibatkan diri, sekalipun saat itu Ahok adalah sebagai Gubernur DKI, bukan peserta Pilkada.

"Semua yang dilakukan Gubernur DKI kampanye sekarang. Dia gunting pita ke sana kemari, meresmikan masjid. Itu semua kampanye," kata Fahri.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendampingi Presiden Joko Widodo serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeldjono meninjau perkembangan proyek pembangunan Simpang Susun Semanggi, Kamis (23/2/2017).

Dari lokasi pembangunan Simpang Susun Semanggi, Jokowi, Basuki, dan Ahok melanjutkan kegiatan mereka dengan meninjau proyek pembangunan stasiun bawah tanah mass rapid transit (MRT) di Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dalam perjalanan dari Semanggi menuju Setiabudi, Ahok terlihat menumpang mobil dinas kepresidenan berpelat RI 1 yang digunakan Jokowi.

Namun, saat akan meninggalkan lokasi, Ahok tidak langsung masuk ke dalam mobil Jokowi. Ahok terlihat sempat "celingak-celinguk" mencari mobil dinasnya.

Selama sekitar 20 detik, Ahok terlihat hanya berdiri di depan pintu mobil Jokowi. Dia baru masuk ke dalam mobil Jokowi saat seorang ajudannya datang berlari dan terlihat memberitahukan sesuatu kepadanya.(kmps)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER