Kanal

Anggota DPR: Jangan Jadikan Alutsista Peti Mati bagi Prajurit TNI!

JAKARTA - ‎riautribune : Kecelakaan pesawat milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali terjadi dan merenggut korban jiwa. Kali ini, sebuah pesawat Hercules milik TNI AU jenis C-130 HS dengan nomor registrasi A - 1334 jatuh di sekitar Bandara Wamena, Papua.

Pesawat yang dikabarkan hibah dari Negeri Kanguru tersebut merenggut nyawa 12 kru yang akan melaksanakan misi latihan penerbangan. Sementar‎a itu, satu penumpang yang juga prajurit TNI AU ikut tewas dalam insiden kecelakaan tersebut.

Menanggapi adanya kembali insiden kecelakaan pesawat itu, anggota Komisi I DPR, Charles Honoris berharap ada reformasi dalam segi alutsista di tubuh TNI. Hal tersebut agar para prajurit negara tidak gugur d‎alam kesalahan teknis.

"Prajurit TNI itu dilatih dan dididik untuk menghadapi ancaman dan musuh NKRI, bukan untuk mati karena kelalaian institusi," ujarnya, Selasa (20/12/2016).

Lebih lanjut, kata Charles, sudah ada sekira lima kecelakaan pesawat dengan korban para prajurit TNI dalam setahun terakhir. Sehingga, bukan tanpa sebab, reformasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) perlu dilakukan oleh pemerintah maupun institusi TNI.

"Sehingga jangan jadikan pesawat dan alutsista sebagai peti mati prajurit kita!‎" tuturnya.(okz)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER