Kanal

Pimpinan DPR Silaturahmi Kebangsaan ke Istana

JAKARTA - riautribune : Pimpinan DPR yang diketuai Setya Novanto, Jumat pagi 'memenuhi undangan' istana untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan ini berlangsung dalam suasana yang santai dan cair disertai suguhan teh dan makanan ringan.

Dalam pertemuan itu dibahas berbagai isu aktual kebangsaan terkait dengan ekonomi, politik, dan luar negeri serta langkah-langkah yang akan diambil pemerintah maupun parlemen.

Salah satunya pembicaraan tentang revisi UU MD3 menjadi topik hangat dalam pertemuan itu. "Presiden mengatakan tidak ada masalah jika perubahan itu tidak melanggar UU karena kebutuhan tersebut merupakan dinamika politik yang tidak bisa dihindari" kata Setya Novanto, Ketua DPR RI.

DPR sudah sepakat akan membahas revisi Undang-Undang MD3 saat reses. DPR hanya menunggu surat dari Presiden untuk memulai pembahasan.
Pimpinan DPR Silaturahmi Kebangsaan ke Istana

"Presiden yang ditemani Mensesneg Pratikno menekankan pentingnya kerja sama yang kuat antara Pemerintah dan Parlemen. Ini adalah silaturahmi pertama sejak saya menjabat kembali sebagai Ketua DPR" ujar Novanto.

Ketua Umum DPP Partai GOLKAR ini mengharapkan hubungan antara eksekutif dan legislatif yang dapat mendorong penguatan sistem presidensil. Untuk itu, kata Novanto, dengan sistem penguatan presidensiil diharapkan melahirkan pemerintahan yang kuat dan efektif, tetapi pada waktu bersamaan kita juga perlu parlemen yang berwibawa. Dengan demikian, akan tercipta mekanisme check and balance yang bisa ditegakkan.

"Presiden sangat menghargai rencana Pimpinan DPR tersebut, apalagi untuk memantapkan sistem demokrasi yang telah disepakati bersama" pungkas Novanto.(dtk)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER