Kanal

Banggar DPR dan Pemerintah Kembali Bahas RAPBN 2017

JAKARTA - riautribune : Badan Anggaran (Banggar) kembali melanjutkan pembahasan belanja pemerintah pusat dalam rancangan undang-undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2017.

Pantauan di Gedung Banggar, Jakarta, Senin (17/10/2016), perwakilan dari pemerintah yakni Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diwakili oleh Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani. Kemudian perwakilan dari Kepolisian dihadiri oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri Brigjen Bambang Sunarwibowo.

Hingga sekira pukul 11.30 WIB, rapat belum juga dimulai. Padahal dalam agenda dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.

Seperti diketahui, dalam nota keuangan yang dibacakan oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus lalu, pemerintah pusat mematok belanja sebesar Rp1.310,4 triliun. Adapun total Belanja Kementerian atau lembaga adalah Rp758,4 triliun dan belanja non-kementerian atau lembaga sebesar Rp552,1 triliun.

Sementara itu, dana transfer ke daerah dan dana desa dipatok sebesar Rp760 triliun. Pada dana transfer ke daerah, pemerintah mematok sebesar Rp700 triliun. Adalah dana desa yang akan dikucurkan adalah sebesar Rp60 triliun.

Lebih lengkapnya, berikut asumsi makro yang Presiden Jokowi sampaikan dalam rapat paripurna bersama DPR RI di Ruang Paripurna 1 Gedung Kura-Kura, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2016 lalu.(okz)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER