Kanal

Komisi I DPR Ingin Budi Gunawan Kerja Cepat Bila Disetujui Jadi KaBIN

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid berharap Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru nantinya dapat bekerja cepat dan optimal. Meutya meyakini tuntutan ini dapat dipenuhi oleh Budi Gunawan yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi KaBIN baru.

"Beberapa bulan ini BIN tidak gencar kerjanya atau tidak cepat. Dengan ada surat masuk ke DPR (penunjukkan BG sebagai calon KaBIN), seharusnya BIN bekerja apa yang harus ditangani. Catatan-catatan sebelumnya harus segera dikoreksi," ujar Meutya dalam diskusi Smart FM dan Populi Center bertajuk 'Ini Dia Kepala BIN Baru' di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/9/2016).

DPR diklaim politikus Partai Golkar ini menyambut baik pencalonan Budi Gunawan yang saat ini menjabat Wakapolri untuk menggantikan Sutiyoso. Meutya menyebut tidak ada persoalan mengenai latar belakang calon KaBIN baik dari TNI atau Polri.

"DPR menyambut baik. Bagaimana DPR melihat sosok Budi Gunawan dengan latar belakang dari kepolisian? Saya menghindari dikotomi TNI-Polri di tubuh BIN. Presiden mengkaji betul bahwa orang ini adalah yang terbaik yang dipilih oleh presiden," sambungnya.

Surat pergantian Kepala BIN Sutiyoso diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada pimpinan DPR pada Jumat (2/9). Meutya mengatakan, surat tersebut akan dibacakan di forum paripurna untuk ditindaklanjuti Komisi I.

Sementara itu Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan surat penunjukkan Budi Gunawan sudah dibahas pimpinan DPR dan akan dibicarakan lagi dengan pimpinan fraksi pada pekan depan.

"Fit and proper test di Komisi I hari Rabu. Hari Kamis, paripurna pengambilan keputusan," ujar Ade kepada wartawan, Jumat (2/9).(dtk)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER