Kanal

Pimpinan DPR Akan Interogasi Sekjen

JAKARTA - riautribune : Pimpinan DPR mengaku tidak tahu soal warna cat gedung DPR yang menuai protes dari masyarakat. Tak hanya masyarakat, arsitek Utomo Brodjonegoro dan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon pun melayangkan protes gara-gara warna hijau dan kuning tersebut.‎

"Pimpinan DPR RI tidak tahu-menahu soal warna cat gedung maupun pagar dan taman-taman di lingkungan DPR/MPR RI selama ini. Perubahan cat itu atas inisiatif dana atau instruksi siapa, kita tidak tahu. Untuk itu pimpinan DPR RI akan meminta penjelasan Sekjen DPR RI,” tegas Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, kepada wartawan di Gedung DPR, Senin (8/8).

Atas protes tersebut, menurut dia, warna cat dikembalikan ke semula, yaitu warna cerah (brand) yang tidak seperti taman hiburan.

"Pimpinan DPR RI sendiri tidak tahu soal cat itu. Jadi, meski bisa dianggap pemborosan dengan mengecat kembali, itu tidak masalah asal tidak seperti taman hiburan. Mengingat ini lembaga negara,” tambahnya.

Sebelumnya Effendi Simbolon menyatakan protes pada pimpinan DPR RI, karena warna cat di lingkungan gedung DPR/MPR RI ini seperti sekolah taman kanak-kanak atau karang taruna.

Dia pun mendesak agar warna dikembalikan seperti semula, seperti ketika Soekarno membuat gedung DPR dari awal.‎

Oleh sebab itu, wajah baru gedung DPR bernuansa hijau dan kuning setelah mendapat protes itu, akhirnya dicat ulang menjadi putih. Namun, cat pagar di area dalam gedung DPR tidak berubah. Yaitu warnanya tetap dominan hijau dengan sentuhan kuning di bagian atas seperti pekan lalu, termasuk pot kembang besar.‎

Gedung DPR memang sedang bersolek untuk menyambut sidang tahunan yang akan digelar pada 16 Agustus mendatang.‎ Namun sayangnya warna diubah dan terkesan norak.(rmol/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER