Kanal

Ketua DPR: Sikat, Babat Habis Abu Sayyaf!

JAKARTA - riautribune : Ketua DPR RI, Ade Komarudin atau Akom, mulai geram dengan aksi Abu Sayyaf yang kembali menyandera warga negara Indonesia (WNI).

Selama ini ia lebih menyarankan jalur diplomasi untuk menyelesaikan penyanderaan yang berkali-kali menimpa WNI dilakukan Abu Sayyaf.

Namun, merespons penyanderaan terakhir yang terjadi Sabtu lalu (9/7), Akom terlihat "gerah".

Ia mendesak pemerintah RI untuk mengambil langkah musyawarah dengan pemerintah Filipina agar militer Indonesia bisa melakukan upaya pembebasan di wilayah mereka.

"Kemarin kita sudah pendekatan cukup persuasif, ternyata dikasih hati minta jantung. Koordinasi dengan negara lain, sikat, babat habis," tegasnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (13/7).

"Masa negara sebesar ini tidak bisa bermusyawarah (dengan Filiphina)," ucapnya.

Akom juga mengatakan bahwa dia tidak yakin kelompok Abu Sayyaf adalah teroris. Menurutnya Abu Sayyaf adalah bandit yang berkedok terorisme.

"Mungkin bekas didikan terorisme tapi mereka tidak lagi melakukan tindakan yang basisnya ideologi tapi soal merampok. Ya, harus sikat," tambahnya.

Karenanya, Akom berjanji akan meminta Komisi I DPR RI untuk menanyakan ke pemerintah untuk kemungkinan mengambil opsi militer pembebasan sandera.

"Operasi militer kalau perlu, dan koordinasi, lakukan diplomasi untuk masuk," pungkasnya. (rmol/rt)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER