Kanal

Akom: Koordinasi Antar Instansi Masih Jadi Barang Mahal

JAKARTA-riautribune : Tragedi kemacetan ekstrem di pintu tol Brebes Timur atau Brebes Exit (Tragedi Brexit) sebenarnya dampak dari kurangnya koordinasi di antara pejabat berwenang.

Dalam hal ini para pejabat itu ada di Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Korps Lantas Polri.

"Sesungguhnya yang belum berhasil adalah koordinasi antar instansi. Koordinasi itu barang yang paling mewah, bukan hanya di kabinet tapi hampir semua instansi," kata Ketua DPR RI, Ade Komarudin, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/7).

Menurut dia, dalam perencanaan pembangunan jalan, Kementerian PU dan BUMN Jasa Marga harus melibatkan pihak kepolisian. Karena pihak kepolisian lebih tahu di mana titik-titik yang akan menjadi sumber kemacetan.

Dia berharap tragedi kemacetan Brexit yang menyebabkan kematian belasan pemudik tersebut mesti dijadikan hikmah bagi para pemangku kepentingan.

Tak lupa, Akom juga mengingatkan Komisi V DPR RI untuk memanggil para pejabat terkait agar mengetahui akar masalah kemacetan sehingga pada tahun-tahun yang akan datang kejadian serupa tidak terulang.(rmol/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER