Kanal

Ketua DPR: Uji Calon Kapolri Sebelum Lebaran

JAKARTA - riautribune : Ketua DPR Ade Komarudin yakin tidak ada lagi hambatan dalam proses Komjen Tito Karnavian menjadi Kapolri. Keyakinan ini didapat setelah Akom bertemu dengan PDIP.

"Saya sore kemarin bertemu petinggi PDIP. Insya Allah sebelum Lebaran sudah selesai (prosesnya)," kata Akom di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2016).

Akom juga sudah bertemu dengan Komjen Tito yang menjadi calon tunggal Kapolri ini. Dia meyakini Tito adalah sosok yang tepat untuk mengisi posisi ini.

"Kita mengetahui beliau orang yang sangat berprestasi di kepolisian. Latar pendidikannya luar biasa. Beliau teruji di berbagai tempat. Tidak ada keraguan sedikitpun kepada beliau dari berbagai segi," ucap politikus Golkar ini.

Surat pengajuan Komjen Tito sebagai calon Kapolri akan dibacakan di rapat paripurna saat ini. Selanjutnya, Komisi III akan ditugaskan untuk melakukan fit and proper test yang direncanakan pada Rabu (22/6) mendatang.

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno sebelumnya mengatakan fraksinya meminta agar proses pengujian calon Kapolri dilakukan setelah lebaran. Namun permintaan ini ditegaskan PDIP bukan dimaksudkan menghambat proses pemilihan calon Kapolri.

"Kami menilainya ini masih suasana puasa. Menurut ketentuan, masih ada waktu 30 hari setelah surat diumumkan di paripurna. Masih cukup waktunya kalau fit and proper test setelah lebaran," kata Hendrawan, Jumat (17/6).(dtk/rt)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER