Kanal

Ketua DPR: Pemecatan 1 Juta PNS Sama Dengan Penggusuran

JAKARTA-riautribune: Rencana pemecatan sejuta Pegawai Sipil Negeri (PNS) disikapi secara serius oleh Ketua DPR, Ade Komarudin. Dia menolak penolakan terhadap rencana tersebut sekali pun dengan alasan efisiensi anggaran.

"Pemerintah perlu diingatkan untuk tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Apalagi tanpa didasari kajian yang baik dari segi manfaat dan mudhoratnya," kata Ade Komarudin di Media Center DPR, Jakarta, Jumat (3/6).

Dia menegaskan kalau sampai pemecatan itu jadi direalisasikan, kebijakan itu tidak berbeda dengan penggusuran terhadap rakyat miskin yang melanggar tata ruang. Dan ironisnya penertiban justru tanpa mempersiapkan solusi.

"Kalau akan diberlakukan rasionalisasi, mereka juga punya hak mendapat solusi dan tidak lantas menjadi pengangguran. Karenanya ia mendorong pemerintah menempuh kebijakan solutif," ujar politisi senior partai beringin ini.

Pihaknya sangat paham kalau pemerintah harus melakukan efisiensi di sana sini. Namun pemerintah harus ingat kalau Negara ini didirikan oleh founding father. Dan tujuan negara didirikan salah satunya, untuk melindungi rakyat dan mensejahterakan rakyat.

"Negara dibentuk untuk melindungi dan bukan menyakiti rakyat," tagasnya.(rmol/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER