Kanal

DPD RI Edwin: BP7 atau Program P4, Kurikulum PPKN Harus Dihidupkan Kembali

JAKARTA -Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Edwin Pratama Putra, mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Namun dirinya juga merasa prihatin generasi bangsa ini, yang mana banyak pelajar tidak hafal Pancasila.

"Badan badan seperti BP7 atau Program P4, Kurikulum PPKN harus dihidupkan kembali. Supaya tidak salah generasi kita, dan yang memegang amanah tidak saling menyalahkan," ungkap DPD RI asal Provinsi Riau ini, Selasa (01/6/2021). Disisi lain Edwin, mengamati saat ini Ideologi Pancasila mulai luntur. Karena itu untuk menumbuh kembangkannya, salah satu yang bisa dilakukan adalah memasukkan Pancasila dalam mata pelajaran dan saat ujian.

"Bisa dilihat, saat ini generasi kita sudah terpapar hal-hal yang dulunya tidak masuk akal, terpapar hal-hal yang jauh dari nilai kehidupan bangsa dan kearifan lokal Indonesia," kata Edwin . 

"Semua itu karena gadget/smartphone, ini adalah tanggung jawab kita bersama, jika bangsa ini tidak tau lagi jati diri jangan harap bisa membumbung tinggi dalam hal prestasi, " ungkapnya, sembari mengatakan, untuk itu perlu pembenahan dalam dunia pendidikan agar para pelajar paham dalam mencintai Negara dan Bangsa ini .

Bahkan di era globalisasi seperti saat ini, pengaruh modernisasi sangat berpengaruh pada pemahaman anak terhadap Pancasila. Mereka lebih suka menonton televisi atau bermain gawai dibandingkan belajar Pancasila dan kewarganegaraan. "Pentingnya belajar sejarah hingga lambang negara Adalah untuk meningkatkan jiwa nasionalisme terutama mereka generasi muda penerus bangsa," tutur Edwin

Terakhir Edwin berpesan, agar Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, semoga kita tidak sekedar tau dan hafal butirnya, namun juga menghayati dan mengamalkannya. "Untuk itulah, pendidikan Pancasila merupakan sebuah keharusan dan harus tetap dilestarikan. Pemerintah harus segera menyiapkan materinya secara terpusat," sebutnya.(rgc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER