Kanal

Bamsoet Minta Komisi I DPR Bersama TNI-Polri Bahas Solusi Persoalan Papua

JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta kepolisian maupun TNI untuk bergerak cepat mengatasi kerusuhan yang terjadi di wilayah Papua. Bamsoet meminta pihak keamanan segera memulihkan situasi setempat.

"Terkait apa yang terjadi di Papua tentu menyampaikan rasa keprihatinan kembali dengan adanya korban kemarin, dan kita sudah mendorong dan mendesak pihak keamanan, kemarin Pak Kapolri dan Panglima TNI sudah mengunjungi Papua, kami mendesak untuk segera dilakukan pemulihan dengan waktu sesingkat-singkatnya," ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).

Lebih lanjut, Bamsoet juga mendorong Komisi I DPR untuk mengkaji berbagai peristiwa yang bisa memunculkan gerakan separatis bersama pihak terkait. Ia meminta Komisi I DPR merumuskan dan mengambil keputusan sebagai langkah konkret guna menyelesaikan polemik di Papua.
 


"Kita pimpinan (DPR) mendorong Komisi I untuk melakukan kajian dari berbagai peristiwa itu dan gerakan yang ada bisa dikategorikan menjadi gerakan separatis atau gerakan orang bersenjata," ucapnya.

"Kami serahkan sepenuhnya kepada mekanisme di DPR kepada Komisi I untuk meminta penjelasan kepada pihak terkait untuk kemudian merumuskannya dalam bentuk pengambilan langkah lebih kongkret. Kita punya komando pasukan khusus untuk itu, yang baru saja diresmikan kemarin dan bisa saja segera kita operasikan," katanya. (dtk)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER