Kanal

Komisi VIII Apresiasi Kinerja BNPB dan BPBD Bali

Jakarta - Riautribune:Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid mengapresiasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali. Kinerja mitra kerja Komisi VIII DPR RI ini tanggap menangani bencana alam Gunung Agung di Bali dan melakukan antisipasi tanggap darurat bencana.

“Saya mengapresiasi kinerja BNPB selama penagulangan masalah bencana alam, tidak hanya di Bali, namun di berbagai tempat di Indonesia,” kata Sodik memimpin Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi VIII DPR RI mengunjungi kantor BPBD Bali, Senin (30/7/2018).

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, dalam menangani bencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terjadi saat ini, BPBD Bali telah mengalihkan logistiknya untuk membantu penanggulangan bencana gempa di NTB.

Lebih lanjut, Sodik meminta pemerintah dan BNPB untuk membekali masyarakat untuk tanggap bencana dalam penyelamatan diri. “Jika sudah terjadi bencana alam (erupsi), para pengungsi sudah benar-benar siap dalam menyelamatkan diri.

Untuk itu perlu pelatihan-pelatihan dan edukasi kepada masyarakat untuk persiapan jika benar-benar Gunung Agung erupsi,” jelas Sodik.

Politisi dapil Jawa Barat itu mengimbau pemerintah dan instansi terkait untuk menagani rehabilitasi korban trauma bencana alam. “Sedangkan soal bantuan untuk bencana alam, BNPB perlu adanya manajemen audit, agar bisa dihitung standar angka dalam melakukan bantuan dan sumbangan untuk kejadian penaggulangan bencana alam,” tandasnya.

Di sisi lain, Sodik meminta BNPB bekerja sama dengan pihak terkait seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam menangani pengungsi bencana alam. (dpr)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER