Kanal

Komisi V Apresiasi Kesiapan ASDP Hadapi Mudik Lebaran 2018

Jakarta - Riautribune:Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo yang juga Ketua Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Banten dan Provinsi Lampung mengapresiasi langkah PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak yang telah menyiapkan 58 kapal dari total 70 kapal, untuk mudik Lebaran 2018.

 

Sigit menambahkan, dari hasil peninjauan, ASDP Merak telah menyiapkan 6 dermaga dan mempercepat jam keberangkatan untuk menghindari penumpukan kendaraan pemudik di pelabuhan, guna menghadapi 4,2 juta pemudik tahun ini, yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak di Banten dan Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

 

“Tadi disampaikan bahwa pihak ASDP Merak sudah siap untuk menghadapai libur Lebaran tahun ini dengan 58 kapal yang sudah memenuhi standar operasional. Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di pelabuhan, pihak ASDP juga sudah menyiapkan 6 dermaga dan mempercepat waktu keberangkatan,” jelas Sigit di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (7/6/2018).

 

Pihak ASDP Merak juga sudah menambahkan pintu khusus kendaraan roda dua masuk ke dermaga, dan juga memasang tenda untuk parkir kendaraan roda dua di pelabuhan. ASDP memperkirakan 20.000 unit motor akan memenuhi pelabuhan pada H-3 dan H-2 lebaran. Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menambahkan, agar di tahun depan ada penambahan satu dermaga agar bisa lebih mengatasi penumpukan penumpang.

 

“Mudah-mudahan di tahun depan ada penambahan satu dermaga untuk kapal yang menyeberang. Sehingga jumlah kapal yang berangkat semakin banyak. Dan juga fasilitas yang ada di kapal harus sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM),” imbuh Sigit. Kunjungan Kerja ke Banten dan Lampung ini dalam rangka peninjauan persiapan sarana dan prasarana transportasi mudik Lebaran tahun 2018. Komisi V ingin memastikan semua pelayanan sudah siap dan tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi selama masa mudik Lebaran 2018 ini.

 

Kunker ini juga diikuti Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis (F-Gerindra) dan sejumlah Anggota Komisi V DPR RI, diantaranya Bambang Haryo Soekartono (F-Gerindra), Sadarrestuwati (F-PDI Perjuangan), Rahmat Nasution Hamka (F-PDI Perjuangan), Willem Wandik (F-PD), Hartanto Edhie Wibowo (F-PD), Bakri Hm (F-PAN), Neng Eem Marhamah (F-PKB), Nurhasan Zaidi (F-PKS), Wardatul Asriah (F-PPP), Sahat Silaban (F-NasDem). Tim Komisi V DPR RI juga didampingi oleh Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Operasi Basarnas Bambang Suryo Aji, dan beberapa mitra kerja terkait. (dpr)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER