Kanal

MKD DPR Nilai Positif Kunjungan Siswa ke DPR RI

Jakarta - Riautribune:Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan (MKD) DPR RI TB. Soenmandjaja menilai positif kunjungan siswa-siswi sekolah ke DPR RI, termasuk ke ruang rapat MKD. Hal tersebut diungkapkannya usai menerima siswa-siswi SD Global Mandiri, Cibubur, di ruang rapat MKD, Senayan, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

“Sebenarnya kunjungan siswa ke lembaga-lembaga negara ini bukan yang pertama kalinya. Sudah sejak lama sekolah menggelar kunjungan-kunjungan ini, kalau dulu namanya studi wisata atau karya wisata.

Dan itu menurut saya sangat positif,” ujar Soenmandjaja. Ditambahkan politisi PKS ini, dengan adanya kunjungan para siswa ke lembaga-lembaga negara akan semakin memperkenalkan lembaga negara beserta tugas dan fungsinya kepada generasi muda. Hal itu sekaligus menghilangkan image ‘seram’ terhadap sebuah lembaga negara.

“Biasanya kunjungan seperti ini akan terekam dan menjadi sebuah kenangan bagi para siswa, sehingga bukan tidak mungkin dapat menjadi inspirasi ke depan untuk mendalami atau ikut berkiprah dalam panggung politik Tanah Air untuk ke depannya.

Karena kami menyadari bahwa suatu saat tongkat estafet kepemimpinan bangsa akan beralih ke para siswa tersebut sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa,” paparnya.

Pada kesempatan itu, selain diperkenalkan tentang MKD termasuk di dalamnya penjelasan tentang tugas dan fungsinya alat kelengkapan dewan yang bernama MKD ini, para siswa juga mendapat kesempatan untuk diperlihatkan situasi persidangan MKD dalam sebuah simulasi sidang MKD.

Tidak lupa pada akhir pertemuan terjadi tanya jawab dari para siswa. Bahkan MKD pun menyiapkan sejumlah hadiah kecil bagi para siswa yang dapat menjawab pertanyaan tentang DPR RI dan MKD dengan benar dan baik.

Terlihat raut wajah bahagia dari para siswa usai pertemuan tersebut. Sebelumnya oleh staf Bagian Humas Sekretariat Jenderal DPR RI para siswa diajak berkeliling gedung DPR RI dan diperlihatkan ruangan-ruangan yang selama ini menjadi tempat Anggota DPR RI menggelar sidang-sidangnya. (dpr)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER