Kanal

Tidak Ada Relevansi KK Terhadap Registrasi Ulang Sim Card

Jakarta - Riautribune:Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais mengatakan tidak adanya relevansi antara pengisian NIK dan No. KK, terlebih untuk KK, saat melakukan registrasi ulang sim card. Menurutnya, penggunaan sim card tersebut dimiliki pribadi, dan tidak terkait dengan keluarga.

 

“Nomor dalam telepon genggam itu kan bersifat pribadi, tidak tekait dengan keluarga. Jadi pemberian nomor KK itu tidak relevan,” ucap Hanafi pada Parlementaria di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (08/3/2018).

 

Hanafi memaparkan bahwa saat ini sudah ditemui banyak kasus penyalahgunaan NIK dan KK oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, dimana pemerintah seharusnya concern dengan keamanan masyarakat banyak. “Tentu ini menjadi warning untuk pemerintah, terutama Dukcapil dan Kemkominfo.

 

Keamanan masyarakat seharusnya diutamakan, terlebih mengenai data penting seperti KK,” tambahnya. Hanafi mendorong Dukcapil dan Kemkominfo menjamin perlindungan data pribadi masyarakan harus ditegakkan. Selain itu, Ia juga mendorong pemerintah untuk segera mengajukan RUU tentang perlindungan data pribadi.

 

“Pemerintah harus mengajukan RUU ini, supaya nanti jika ada abuse seperti ini, warga negara bisa menuntut haknya dan minta pertanggungjawaban yang difasilitasi oleh negara. Karena selama tidak ada UU perlindungan data pribadi, warga negara hanya akan jadi korban dan tidak aman,” tutupnya. (dpr)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER