Anggota Komisi XI Minta Pengiriman TKI Selektif

Dibaca: 33746 kali  Rabu, 08 November 2017 | 09:44:27 WIB
Anggota Komisi XI Minta Pengiriman TKI Selektif
Ket Foto : foto Anggota Komisi XI DPR RI Willgo Zainar

JAKARTA -- riautribune : Anggota Komisi XI DPR RI Willgo Zainar meminta pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) dilakukan secara lebih selektif. Ia meminta pemerintah memastikan persyaratan administratif dan teknis calon TKI sesuai prosedur. "Prosesnya harus benar-benar selektif," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/11).

Willgo mengatakan hal itu bertujuan memastikan tak ada faktor membuat calon TKI itu menjadi pekerja ilegal di egara tujuan. Dia juga meminta Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) tidak menjadi wadah menjual manusia, tanpa memikirkan keselamatan dan perlindungan TKI itu.

Ia meminta seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan daerah, PJTKI, dan swasta bekerja sama memastikan tak ada lagi TKI meninggal di luar negeri. Willgo menerima sejumlah laporan penerimaan bea cukai masuk dari Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia menjelaskan Kanwil Bea Cukai NTB mengaku menerima jenazah TKI sekitar tiga hingga lima dalam seminggu. Menurut dia, sebab meninggalnya TKI karena kecelakaan kerja atau kasus lainnya.

Willgo menjabarkan ada sekira 50 ribu TKI ke Malayisa. Ia tidak menampik banyak TKI berangkat tanpa ketrampilan, berujung pada status ilegal. Ia meminta pemerintah bertindak lebih tegas dalam pengiriman TKI. Sehingga kasus pengiriman jenazah TKI tidak terjadi terulang lagi. (tmpo)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Legislator" Index »

Senin, 20 November 2017 - 22:38:18 WIB

Upaya Memaksimalkan Potensi dan Mendukung Kemajuan UKM di Indonesia

Pekanbaru-riautribune:Dalam upaya mendukung produktivitas dan perkembangan bisnis para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Telkomsel menyediakan solusi bisnis terlengkap melalui MyBusiness. Beragam solusi bisnis tersebut dihadirkan dalam ekshibisi yang berlangsung di empat titik, yakni Hotel Crowne Plaza Bandung      (2 November 2017), Hotel Aston Samarinda (8 November 2017), Hotel Grand Central Pekanbaru (16 November 2017), dan Hotel Novotel Solo (23 November 2017).