Kanal

Toko Berjalan, Alternatif dan Tren Terbaru di Pekanbaru

Edisi kedua.
 
Bincang usaha kita lanjutkan lagi….Saya ade coba mengajak pembaca untuk melirik hal baru tapi ingat, “Pertimbangan, apakah produk yang akan kita jual tersebut sesuai dengan keadaan ekonomi konsumennya.
Nah, untuk memulai analisa sederhananya kita mulai dari pengamatan kondisi sekitar, kemudian kita kelompokkan. Mari ikuti tahapan yang saya sebutkan. Pertama, Dengan melihat kendaraan yang melewati tempat usaha kita tersebut, misalnya jika kendaraan motor menjadi mayoritas kendaraan yang melewati daerah tempat usaha kita tersebut berarti tingkat ekonomi masyarakat (konsumennya) adalah level menengah kebawah, jika konsumen berada di level ini kebiasan mereka untuk menggunakan telpon lebih sering tetapi penggunaannya dalam waktu singkat saja alias seperlu nya saja. 
       Biasanya konsumen ini tidak konsumtif, menelpon keperluan mendesak saja dan apalagi menggunakan internet hanya untuk memenuhi keinginan keluarga terdekat seperti untuk anak dan keperluan penting dari kantor. Jika kalau kondisi konsumen nya seperti ini maka untuk produk yang akan di jual janganlah produk dengan paket data yang besar dan harga yang mahal, menjual produk dengan kuota internet sedang misal 3GB atau 5Gb masih sangat baik karena akan berputar nya modal dengan cepat.
     Kedua, amati kondisi perumahan disekitar lokasi tempat usaha kita, mengamati kondisi perumahan atau rumah2 yang berada di sekitar tempat usaha salah satu cara termudah untuk menyimpulkan konsumen kita nantinya. Jika perumahan berada di perumahan yang luas dan terisi dengan rumah-rumah yang ukuran nya kecil tentunya akan mempunyai banyak penghuni nya, carilah posisi tempat berusaha yang berdekatan dengan kondisi perumahan seperti ini. Yakinkan jika posisi seperti ini tempat usaha berada di dekat kawasan seperti ini maka yakinkan lah ini kesempatan untuk berkembang.
Ketiga, kita harus memunculkan pertanyaan di benak kita, apakah jalur jalan tempat usaha yang anda buka memiliki akses jalan yang mudah di jangkau, ramai dari lalu lalang kendaraan. Jika tempat seperti itu yang anda miliki, segera putuskan untuk memulai usaha menjual kartu internet dan pulsa.
Sebagai pengusaha pemula, Ade ajak pembaca untuk masuk dalam fase lanjutan. Menentukan barang, atau kita sebut “Produk” yang akan dijual. Cara menentukannya sebagai berikut,
Pertama, memilih produk merupakan fase awal ke 2 ekstra perlu hati-hati., Fase strategis, kenapa”, karena salah saj  memilih roduk yang akan dijual, maka usaha yang baru kita rintis berada pada titik Goyah.  fase awal ini perlu ketelitian dan kecermatan untuk memutuskan nya. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah pastikan produk yang paling banyak akan di sukai oleh konsumen tersedia dengan lengkap. Karena produk inilah yang menjadi penarik awal untuk memberikan keyakinan kepada konsumen untuk berbelanja di toko kita. Istilah nya adalah produk yang di unggulkan untuk di jual.
Kedua, etelah menentukan produk yang paling di unggulkan, maka tahapan lanjutan untuk penentuan barang adalah memilih produk yang signal jaringan operator di area tersebut yang paling kuat atau lebih baik. Artinya sebagai penjual kita tidak salah memberikan recommended kepada calon konsumen untuk menentukan pilihannya.
Terakhir ada beberap pesan penting yang menurut saya, bisa diingat oleh pembaca,
Pertama, dii luar produk unggulan maka tidak dibenarkan melakukan penumpukan stock di toko apalagi di gudang. Cara terbaiknya adalah membeli barang secukupnya saja dan memilih harga yang terjangkau.
Kedua, Pilihlah paket data yang harga nya terjangkau oleh konsumen di sekitar tempat usaha kita, harga yang baik bukan berarti hanya sekedar murah tetapi justru produk yang sesuai dengan kebutuhan tetapi masih tetap membutuhkan budgt support nya.
Nah, untuk sesi ini sampai disini Ade sedikit memberikan tulisan trik usaha, di edisi mendatang kita lanjutkan lagi memulai usaha unik, kreatif tetapi dasyat. Kita bisa, tentu adapun bisa.
Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER