Kanal

Selain Pengharum Masakan, Ini Manfaat Luar Biasa dari Daun Pandan

JAKARTA, Riautribune.com - Sebagaimana yang kita ketahui, daun pandan banyak digunakan sebagai pengharum pada olahan makanan tertentu. Kebiasaan itu sudah menjadi tradisi pada masyarakat di Indonesia.

Daun pandan ternyata memiliki spesies lebih dari 600 spesies yang ada dan tidak semua jenis daun pandan boleh dikonsumsi, hal ini dilansir dari laman healthline.com

Di Indonesia pandan yang paling sering dikonsumsi adalah jenis pandan wangi. Karena memiliki ciri khas aroma yang wangi menjadikan pandan tersebut sebagai komponen penting dalam masakan tradisional serta juga dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan.

Tapi, selain menjadi pengharum dalam makanan, ternyata pandan juga memiliki manfaat lain seperti bagi kesehatan. Dalam daun pandan terdapat beberapa kandungan seperti vitamin A, zat besi, rendah kalori, dan kaya akan serat.

Selain itu, pandan juga kaya akan antibakteri dan antimikroba. Antibakteri sendiri adalah zat yang mampu mematikan bakteri dengan cata mengganggu metabolisme mikrob yang merugikan bagi tubuh tentunya.

Sedangkan Antimikroba adalah zat mematikan pertumbuhan mikroba dengan toksisitas terhadap manusia relatif kecil.

Manfaat-manfaat lain dari pandan sangat lah banyak, namun beberapa telah dirangkum sebagai berikut.

1. Dapat Mengontrol Gula Darah.
Pandan adalah salah satu solusi bahan alami pembantu mengontrol gula darah anda. Khasiat tersebut terdapat pada ekstra pandan. Jika anda meminum ekstra dari pandan akan dapat membantuenurunlam glukosa plasma dari tubuh secara signifikat selama periode penelitian.

2. Mengatasi Rambut Kusut dan Kusam.
Rambut ibaratkan mahkota bagi setiap orang tak terkecuali kaum hawa. Memiliki rambut yang sering kusut dan juga kaya tentu itu menjadi masalah yang besar. Solusi dari permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan pandan.

3. Menurunkan Darah Tinggi.
Jumlah penderita darah tinggi di Indonesia cukup banyak. Karena itu, salah satu bahan alami yang dapat mengatasi darah tinggi yaitu daun pandan.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER