Kanal

Sampai Akhir Tahun, Dolar AS Diprediksi Stabil di Rp 13.000-an

JAKARTA-riautribune: Dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan masih akan terus melemah terhadap rupiah sampai akhir tahun ini. Mata uang Paman Sam tersebut akan stabil di posisi Rp 13.800 di akhir tahun 2015. Demikian dikatakan Analis OSO Securities Supriyadi, Rabu (7/10/2015).

Siang ini, dolar AS sudah mencapai level Rp 13.880. "Akhir tahun dolar AS bisa turun ke Rp 13.800," katanya. Supriyadi menjelaskan, kondisi penguatan rupiah tersebut tak lain karena adanya keyakinan dari para investor jika bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) tidak jadi menaikkan tingkat suku bunganya di tahun ini.

Sentimen positif tersebut akan mendorong penguatan rupiah atau pelemahan dolar AS ke level Rp 13.800 dengan asumsi stabilitas market luar negeri terjaga dan penyerapan anggaran pemerintah bisa dicapai sesuai target.

Namun, kata Supriyadi, dolar AS akan kembali menguat jika bank sentral AS The Fed ternyata menaikkan tingkat suku bunganya di tahun ini. Naiknya suku bunga AS bisa mengerek dolar AS ke level Rp 14.300 di akhir tahun.

"Kalau Fed fund rate tahun ini naik, dola AS menguat lagi, bisa sampa Rp 14.300," ujar Supriyadi.(dtc/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER