Kanal

Presiden Minta BNPB Percepat Tanggulangi Kebakaran Hutan

JAKARTA-riautribune: Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat proses pemadaman kebakaran hutan. Instruksi ini disampaikan Presiden saat memanggil Kepala BNPB ke Istana Merdeka hari ini.

"Presiden memerintahkan agar dipercepat penyelesaiannya, agar kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan segera tuntas," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Kompleks Istana, Rabu, 30 September 2015.

Sutopo mengatakan untuk mempercepat penanganan pemadaman kebakaran, BNPB akan mengerahkan lebih banyak personel di titik-titik yang menjadi sumber masalah. Ia mencontohkan misalnya di Sumatera Selatan, yang menjadi pusat hot spot adalah Ogan Komelir Iring dan Musi Banyuasin serta kota yang menjadi perbatasan dengan Jambi. "Maka personel akan ditambah, kekuatan udara akan ditambah, dan kami fokus mengatasi kebakaran hutan di Ogan Komelir Iring maupun Musi Banyuasin," katanya.

Selain di Sumatera Selatan, kata Sutopo, BNPB akan fokus memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan Tengah sebagai bagian dari strategi percepatan pemadaman. Menurut dia, titik api di Kalimantan terpusat di Pulau Bisau, Kabupaten Kapuas, dan Kotawaringin Timur. "Itu akan kami deploy di sana, termasuk water bombing. Strategi ini kita lakukan untuk mempercepat mengatasi asap," katanya.(tempo/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER