Kanal

Petani Binaan dari Kecamatan Bungaraya Ini Kini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

SIAK, Riautribune.com - Afif salah seorang petani asal Bungaraya mengaku bersyukur telah menjadi binaan dari Corporate Social Responsbilty (CSR) PT Indah Kiat Pulp and Paper, Perawang Mill. 

Dengan bermodalkan pelatihan bertani dan pinjaman modal usaha, kini dirinya telah sukses memanen cabe merah hingga meraup keuntungan ratusan juta rupiah. 

Merah meronanya warna cabe yang dipanen oleh Afif sudah seperti membaranya api semangat tim CSR PT IKPP yang terus berjibaku membantu masyarakat dengan berbagai program pelatihan untuk para UMKM binaannya. 

"Iya mas, saya sangat bersyukur sekali dulu diajak oleh adik saya untuk ikut pelatihan pertanian di Perawang yang digelar oleh CSR PT IKPP, dari sanalah asal muasal saya bisa berhasil hingga saat ini sudah memasuki masa panen ke empat ini mas," ungkap Afif kepada Riautribune.com, Jum'at 1 Maret 2024 siang. 

Afif menyebutkan, setelah mengikuti pelatihan dirinya bersama para peserta binaan lainnya juga diberikan kesempatan untuk pinjaman modal usaha. Berkat itu semua ia dapat memperoleh hasil panen seperti sekarang ini. 

"Usai mengikuti pelatihan, saya dan peserta lainnya dapat pinjaman modal yang cukup lumayan dari PT IKPP, setelah mendapatkan bantuan dana untuk modal, saya langsung kembangkan pertanian cabe ini, dengan luas lahan 1 hektar saya menanam lebih kurang 20.000 batang cabe merah, Alhamdulillah lah mas," ucap nya bersyukur. 

Setelah menapaki waktu panen keempat ini, Afif pun berkeinginan untuk berangkat ibadah ketanah suci bersama keluarga. Ia juga berpesan kepada seluruh petani agar tetap optimis dan bersemangat serta bersyukur agar hasil yang diperoleh dapat memuaskan. 

"Target kita panen kali ini 8 Ton mas, insyaallah usai panen ini, saya ingin ketanah suci mas, naik haji atau umroh nanti sama keluarga. Do'a saya untuk teman-teman petani lainnya, semoga para petani binaan lainnya juga dapat sukses dengan hasil panen yang berlimpah," sebutnya. 

Sementara itu, Pimpinan PT IKPP Perawang, Hasanudin The melalui Kordinator CSR PT IKPP Murseno SAP turut bangga dengan hasil capaian panen petani binaannya. Pihaknya pun berharap, apa yang telah diperoleh oleh petani binaannya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

"Alhamdulillah, kita turut senang dan sangat bangga dengan binaan-binaan kita, ini semua berkat kerja keras dan keseriusan mereka para binaan CSR PT IKPP untuk terus berkembang bersama PT IKPP," ucapnya. 

Murseno menuturkan, PT IKPP melalui CSR akan terus memberikan kontribusi nyata untuk membantu perekonomian masyarakat di wilayah operasional kerjanya. 

"Mas Afif ini, satu dari puluhan petani yang menjadi binaan CSR PT IKPP, tentu ini merupakan komitmen PT IKPP untuk terus membantu pengembangan perekonomian masyarakat di Kabupaten Siak, terutama di wilayah operasional perusahaan," jelasnya. 

"Selain mendapatkan keuntungan dari hasil panen, Mas Afif ini juga turut membantu masyarakat sekitar, dengan menjual cabe miliknya tentu dibawah harga pasar, secara tidak langsung, beliau juga turut membantu masyarakat dengan murahnya harga cabe yang dijualnya, kalau ditanya kualitas, cabe nya sudah sampai di beberapa daerah lain loh," lanjutnya menjelaskan. 

Murseno pun berharap, seluruh UMKM binaan CSR PT IKPP lainnya, juga turut mengikuti jejak para binaan yang telah sukses seperti mas Afif ini. 

"Semoga binaan binaan CSR PT IKPP yang lain juga dapat sukses seperti mas Afiif ini," pungkasnya. (Rizal Iqbal)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER