Kanal

Jelang Musim Kemarau, PT Arara Abadi- APP Forestry Lakukan Pelatihan HTC

PERAWANG, Riautribune.com - PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha APP Forestry Regional Riau, kembali melakukan Helitack Crew Training (HTC) kepada Anggota Team Reaksi Cepat (TRC) Regu Pemadam Kebakaran (RPK)  PT Arara Abadi dan mitra perusahaan pemasok APP Forestry daerah operasional Riau. 

Kegiatan training ini untuk mengantisipasi dan menghadapi musim kemarau di Tahun 2024 ini yang menurut perkiraan diprediksi awal bulan maret 2024. 

Training diselenggarakan selama 14 hari dimulai pada tanggal 19 Februari 2024 sampai tanggal 3 Maret 2024,  dengan diikuti oleh 60 personil Regu Pemadam Kebakaran, bertempat di Komplek Training Centre Arara Abadi di Bunut Desa Pinag Sebatang Timur Perawang Kabupaten Siak Provinsi Riau, 

Menurut Fire Operation Management Head PT Arara Abadi-APP Forestry Regional Riau, Priyo Septiahadi Utomo, Kamis, 22 Februari 2024, PT Arara Abadi yang merupakan bagian dari Satgas Pencegahan dan Penanganan Karhutla Provinsi Riau yang dipimpin oleh Gubernur Riau melalui Pelaksananya dari Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. 

"Sudah menjadi keharusan kami untuk membantu dan berkordinasi dengan berbagai stakeholder (pemangku kepentingan) terutama kepada Pemerintah kabupaten/kota maupun Pemerintah Provinsi Riau. Kita berharap sinergisitas yang terjadi antara kami dari perusahaan swasta dengan berbagai pihak termasuk pemerintah dan juga masyarakat dapat berjalan dengan baik," harapnya.


Ia menambahkan, Training Helitack Crew  (HTC) yang dilaksanakan selama dua minggu kedepan diharapkan dapat memperkuat penanganan dan pencegahan jika tejadi Karhutla di Riau.


Sesuai dengan prediksi BMKG, kemungkinan musim kemarau akan dimulai pada akhir februari 2024, terutama di sebagian wilayah utara di Provinsi Riau, sehingga dibutuhkan personil-personil khusus seperti TRC ini untuk bergerak dengan cepat dan merespon seluruh kebakaran yang terjadi di areal konsesi maupun buffer 5 km di luar konsesi PT. Arara Abadi maupun mitra usaha APP lainnya. 

Penanganan dan pencegahan kebakaran yang dilakukan oleh Fire Operation Management PT. Arara Abadi selama ini selalu didasarkan kepada 4 Pilar utama Integrated Fire Management, yaitu Prevention, Preparation, Early Detection dan Rapid Response. 

Helitack Crew Training ini adalah salah satu cara FOM dalam memperkuat penanggulangan dan pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) dari pilar Rapid Response atau response cepat , yang mana juga training ini diharapkan dapat membuat personil TRC yang juga Anggota RPK PT Arara Abadi dalam menanggulangi kebakaran dengan sangat cepat sesuai dengan target yang diberikan perusahaan. 

Training Helitack Crew ini sangat berbeda dengan training untuk RPK biasa, baik dari segi porsi latihan maupun materi yang diberikan. Training ini memang dikhususkan untuk personil-personil RPK pilihan dan terbaik dari segi fisik maupun pengetahuan. 

Materi-materi yang diberikan yaitu Materi dasar pemadaman kebakaran hutan dan lahan, ICS (Incident Command System), Leadership, communication dan Problem Solving. Materi dasar safety helicopter dan bina fisik. Sekaligus update informasi-informasi terbaru. 

Ketika musim kemarau sedang berlangsung, personil-personil TRC ini akan melaksanakan patroli setiap hari menggunakan Helicopter PT Arara Abadi-APP Forestry jenis Bell 412 guna mendeteksi api sekecil mungkin dan dapat di padam kan sesegera mungkin pada saat sedang melaksanakan patroli tersebut. 

Oleh karena itu personil-personil tersebut harus memiliki fisik yang baik dan pengetahuan yang baik agar dapat menjalankan tugasnya  dan keselamatan kerja dengan baik," demikian Priyo menambahkan.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER