Kanal

Dua Kontrainer Surat Suara Pemilu Tiba di Gedung Pengelolaan Logistik KPUD Siak

SIAK, Riautribune.com - Berangkat dari Pelabuhan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau dari pukul 10.00 WIB pagi, logistik surat suara pemilu 2024 akhirnya tiba di gedung penyimpanan Komisi Pilihan Umum Daerah (KPUD) Siak di Sport Hall Siak Sri Indrapura sekira pukul 13.20 WIB dengan pengawalan ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap. Sabtu 6 Januari 2024. 

Pengawalan logistik surat suara itu tampak dipimpin langsung oleh Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Siak Kompol Didi Hantoni dan didampingi oleh Kasatlantas Polres Siak AKP Fandri SH. 

Dibawa menggunakan 2 truck Kontrainer dengan plat nomor kendaraan B 9193 RN dan BK 8210 AE. Disetiap mobil tampak dijaga ketat personel Brimob bersenjata lengkap. 

"Alhamdulillah 3 jam perjalanan tanpa hambatan, sesuai instruksi pimpinan, kami yang tergabung dari Satbrimob Polda Riau dan Personel Polres Siak all out melakukan pengamanan dan pengawalan ketat, hingga tiba di Gedung Sport Hall tempat penyimpanan logistik pemilu 2024 KPUD Siak ini tampa hambatan," ungkap Kompol Didi Hantoni. 

Kompol Didi Hantoni mengungkapkan, terhitung belasan personel kepolisian bersama petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Siak turut mengawal pendistribusian 2 Kontrainer pembawa logistik surat suara pemilu 2024. 

"Untuk personel Polres Siak ada 12 orang, 2 personil Brimob Polda Riau dan 2 orang lagi petugas dari dinas Perhubungan Kabupaten Siak yang turut mengawal," sebutnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Siak, Ahmad Rizal mengucapkan ungkapan terimakasih kepada pihak keamanan yang telah mengamankan jalannya pendistribusian logistik surat suara hingga tiba di gedung penyimpanan logistik tanpa hambatan. 

"Alhamdulillah, 2 Kontrainer Logistik surat suara pemilu 2024 untuk Kabupaten Siak sudah tiba di gedung Penyimpanan logistik pemilu 2024 KPUD Siak ini dengan aman. Terimakasih banyak pihak keamanan yang telah melakukan pengawalan ekstra hingga semuanya tiba dengan aman," ungkap Ahmad Rizal saat lakukan pengecekan Kontrainer Logistik surat suara pemilu 2024 yang baru tiba di Siak. 

Ketua KPUD Siak itu juga mengatakan, setibanya Kontrainer Logistik surat suara 2024 itu di gedung sport Hall Siak, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan pemindahan dari Kontrainer ke tempat penyimpanan Logistik Pemilu. 

"Ini kita cek dahulu dan kita cocokkan semua jumlah surat suara yang tiba. seperti surat suara pemilihan Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dengan total jumlah 332.980 surat suara," terangnya. 

Lanjutnya menjelaskan, untuk Daftar pemilih tetap Kabupaten Siak di tahun 2024 ini berjumlah 325.848 Pemilih. Maka dari itu pihaknya mengestimasikan waktu pelipatan surat suara yang telah diterima pihaknya ini dilakukan selama 5 hari. 

"Setelah pengecekan selesai, besok insyaallah jika tidak ada halangan, surat suara akan langsung dilakukan pelipatan. Pelipatan surat suara sendiri akan dilakukan oleh lebih kurang 200 orang yang merupakan masyarakat sekitar dan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam pelipatan surat suara," jelasnya. 

Hingga berita ini diterbitkan, proses pemeriksaan dan pemindahan Logistik Surat Suara Pemilu 2024 untuk Kabupaten Siak masih berlangsung. 

Pihak KPUD terus melakukan pengecekan dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER