Kanal

Tiba di Pelabuhan Perawang, Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Dijaga Ketat Ratusan Polisi

SIAK, Riautribune.com - 20 Kontrainer bermuatan logistik surat suara Pemilu 2024 tiba di Pelabuhan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau dengan pengamanan ketat dari petugas Kepolisian, Jum'at 5 Januari 2024 siang. 

Puluhan Kontrainer yang berisikan surat suara untuk DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota itu diangkut menggunakan Kapal MV Meratus Karimata bernomor lambung IMO 9810082 yang berlayar dari perairan SEI Pakning Bengkalis sejak Jum'at pagi. 

"Iya sudah tiba siang tadi, ada 20 Kontrainer yang tiba dan langsung di sortir. Karena ini kan kontainernya ada total 20 dengan berbeda tujuan, nah ini besok pagi jika tidak halangan akan didistribusikan ke Kabupaten kota," ungkap Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol didampingi Direktur Intelijen dan Keamanan (Dirintelkam) Kombes Pol Efrizal saat proses pemindahan Kontrainer dari kapal ke mobil pengangkut Kontrainer. 

Kedatangan Logistik surat suara Pemilu 2024 ini dikawal ketat ratusan personel berseragam lengkap, yang terdiri dari anggota Satbrimob, Dit Intelkam, Personel Polres Siak dan juga Personel Kepolisian yang bertugas di Polsek Tualang. 

"Pengamanan hari ini yang kita libatkan ada sekitar 150 orang. Hampir semuanya dari Brimob. Juga ada dari Polres, Polsek, Lalu Lintas. Ada dari Intel juga," sebutnya. 

Tidak hanya kedatangan Logistik Pemilu, Mantan Dansat Brimob Polda Riau itu juga menegaskan proses pengawalan dan pengamanan juga akan dilakukan saat pendistribusian surat suara ke kabupaten/kota di Riau. 

"Nanti dikawal juga. Dari Polres sudah kita tunjuk anggota-anggotanya. Dikawal oleh personel yang dari Polres yang memiliki KPUD yang logistiknya dikirimkan pada tahap pertama," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir juga membenarkan telah tibanya 20 Kontrainer pengangkut logistik surat suara pemilu 2024 untuk kabupaten kota se Provinsi Riau. Dirinya mengaku hingga saat ini tidak ada halangan dalam pendistribusian logistik pemilu 2024 ini. 

"Alhamdulillah semuanya sudah tiba, ada satu kapal lagi yang kemungkinan 3 atau 4 hari lagi tiba di Pelabuhan Perawang juga, yang juga mengangkut logistik Surat Suara Pemilu 2024, hingga saat ini semuanya berjala lancar dan tidak ada halangan, besok mudah-mudahan sudah di distribusikan ke kabupaten kota," terangnya. 

Lanjutnya menyampaikan, untuk logistik surat suara Kota Dumai dan Kabupaten Meranti, akan menyusul di kapal berikutnya. 

"Untuk Dumai dan Meranti tidak ada di Kloter pertama ini, Kontrainer Logistik surat suara Dumai dan Meranti nanti menyusul di kloter kedua," pungkasnya. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER