Kanal

Pemkab Siak Optimis Tour de Siak 2023 Dapat Dongkrak Pariwisata. Yuk Catat Rute Lengkapnya

SIAK, Riautribune.com - Iven balap sepeda internasional yang setiap tahun digelar Pemkab Siak tinggal hitungan hari. Iven akan berlangsung pada Jumat-Senin (1-4 Desember 2023) mendatang.

Iven Tour de Siak 2023 ini dikabarkan akan diikuti oleh 13 tim pebalap sepeda dari berbagai negara, diantaranya Australia, Perancis, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia.

Berbagi persiapan tampak telah rampung dikerjakan, seperti perbaikan jalan atau rute pebalap, penginapan hingga koordinasi kedatangan para peserta ke kabupaten yang berjuluk Negeri Istana ini.

"Alhamdulillah, persiapan sudah cukup matang, mohon do'anya agar penyelenggaraan Tour de Siak 2023 ini berjalan sukses dan baik," ungkap Kadis Pariwisata Tekad Perbatas Setia Dewa, Rabu 29 November 2023.

Mantan Kabag ULP Siak itu juga menjelaskan, pihaknya bersama PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) telah menyepakati lintasan setiap etape dalam Tour de Siak 2023 ini, terhitung sebanyak tiga etape dengan total jarak lintasan mencapai 405 Km.

"Untuk tahun ini, tour de Siak tidak lagi melintasi rute etape ke luar daerah seperti tour de Siak sebelumnya.  semua etape kali ini berada di wilayah Kabupaten Siak," sebutnya.

Lanjutnya mengatakan, Etape 1 rutenya kota Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak sejauh 127 Km. Sementara Etape kedua rutenya Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang-Siak sejauh 170 Km, dan etape 3 Siak City Race sejauh 108 Km.

"Untuk etape semuanya sudah kita sepakati, pada awalnya kita menginginkan tour de Siak 2023 ini melintasi seluruh Kecamatan di Kabupaten Siak, namun dikarenakan kurangnya anggaran dan waktu yang singkat maka diputuskan hanya 3 etape. Untuk kedepannya kita upayakan Tour de Siak ini dapat melewati seluruh wilayah," paparnya.

Untuk anggaran penyelenggaraan tour de  Siak 2023 ini, lanjutnya, Pemkab Siak mengucurkan anggaran sebesar Rp 2,3 Milyar dari APBD Siak.  

"Kali ini kita menggunakan anggaran murni APBD Kabupaten Siak 2023. Tentunya dengan ini kita harapkan ivent ini dapat bermanfaat dalam promosi pariwisata dan UMKM yang ada di Kabupaten Siak ini," sebutnya.

Hari ini (29 November 2023), dijadwalkan kedatangan technical delegate dari PB ISSI, yaitu Sondi Sampurno. 30 November 2023, panitia melakukan penjemputan tim peserta Tour de Siak dan sebagian tim PB ISSI di Bandara Sultan Syarif Kasim ll Pekanbaru, penyambutan welcome drink, hingga makan malam.

Pada 1 Desember 2023, rangkaian kegiatan diawali dengan fun bike dengan peserta umum bersama pebalap-pebalap Tour de Siak, parade atlet, pembagian hadiah fun bike, gala dinner dan opening ceremony.

"Pada tanggal 2-4 Desember nanti, dimulainya balapan sepeda untuk etape 1,2 dan 3. dan pada tanggal 5 Desember, seluruh official tim bersama pebalap dan PB ISSI pulang meninggalkan Kota Siak," pungkasnya. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER