Kanal

9 Cara Mengusir Kucing Liar Tanpa Menyakiti yang Aman dan Ampuh

JAKARTA, Riautribune.com - Kucing liar yang datang ke rumah memang bikin kesal karena kerap buang air sembarangan. Sudah mencoba berbagai cara mengusir kucing liar tanpa menyakiti tetapi tidak berhasil? Coba saja terapkan salah satu cara berikut ini.

Selain mudah, cara-cara ini juga aman dan ampuh untuk mengusir kucing liar tanpa perlu menggunakan kekerasan.

Terutama kucing liar yang kehadirannya cukup mengganggu karena kerap datang dan buang air di sekitar rumah.

Lantas, bagaimana cara mengusir hewan berbulu ini agar tidak datang lagi? Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kucing, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menebar aroma yang tidak disukai kucing
Sama seperti tikus, kecoa, dan hewan liar lainnya, kucing juga tidak menyukai aroma tertentu. Biasanya aroma yang harum dan kita sukai justru tidak disukai kucing.

Pasalnya, kucing tidak menyukai aroma yang menyengat karena terasa menusuk hidung mereka. Aroma-aroma yang dapat digunakan untuk mengusir kucing seperti lemon, cabai, dan mentol.

Aroma lemon tidak disukai kucing karena menyengat, sedangkan aroma cabai dapat membuat matanya perih.

Sementara aroma mentol hampir sama seperti lemon. Aroma mentol sendiri biasanya digunakan untuk pembuatan balsam, minyak kayu putih, minyak angin, dan lainnya.

2. Meletakkan tanaman yang dibenci kucing

Anda juga dapat meletakkan tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai kucing, seperti rue, coleus canina, lavender, dan pennyroyal.

Letakkan tanaman tersebut di sekitar halaman rumah, bisa disatukan dengan tanaman lain atau dibiarkan berdiri sendiri.

3. Menyemprotkan air
Air adalah musuh kucing, oleh sebab itu Anda bisa menyemprotkan air untuk mengusir kucing liar di sekitar halaman rumah.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, seperti dengan menggunakan keran atau pistol air berukuran kecil. Selain itu, Anda juga dapat sekaligus memanfaatkan perangkat air sebagai penyiram tanaman.

Caranya yakni dengan memasang timer otomatis pada jam-jam saat kucing biasanya masuk ke wilayah rumah. Anda juga dapat menggunakan teknologi sensor yang langsung menyemprotkan air ketika kucing lewat sehingga lebih mudah dan praktis.

4. Membuat tempat incarannya tidak nyaman

Kucing adalah hewan yang suka sekali bersantai. Oleh sebab itu, Anda bisa mengusir kucing dengan membuatnya tidak nyaman dan enggan untuk mendatangi area tertentu.

Ada banyak cara untuk membuat tempat incaran kucing di rumah jadi tidak nyaman. Salah satunya, dengan mengisi bebatuan atau kerikil tajam di area di mana kucing selalu bersantai.

5. Menggunakan perangkat ultrasonik
Cara mengusir kucing liar tanpa menyakiti berikutnya ini cukup ampuh dan tidak akan mengganggu manusia, yakni dengan memasang perangkat ultrasonik di sekitar rumah.

Alat tersebut dapat mengeluarkan suara yang mengakibatkan kucing akan kesal ketika mendengarnya. Meski demikian, manusia tidak akan terganggu dengan suara tersebut karena berada di luar jangkauan kemampuan pendengaran manusia.

Selain menggunakan perangkat, Anda juga dapat membuat alat sendiri dengan menempatkan kelereng atau kerikil di kaleng yang kosong sehingga kucing menjadi marah ketika ia berjalan di sekitar rumah.

Cara lainnya adalah menggunakan bel yang sensitif atau lonceng angin yang mengeluarkan suara saat kucing bergerak dan menyebabkan getaran.

6. Membersihkan sumber makanan di area sekitar rumah

Kucing liar biasanya suka berada di tempat yang banyak makanan. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kucing peliharaan di rumah, hindari memberi kucing Anda makanan di luar ruangan.

Setelah memberi makan kucing, segera bersihkan sisa-sisa makanan untuk mencegah kucing liar datang. Selain itu, hindari membuang sisa daging ke tumpukan sampah di samping rumah.

Pastikan juga peralatan masak Anda bersih dan tidak berbau. Pasalnya, alat masak yang bau dapat mengundang kucing liar datang ke rumah.

7. Menggunakan lidi

Pada umumnya kucing takut pada benda-benda yang berbentuk pipih, keras, dan panjang. Misalnya seperti timun, irisan bambu, dan lidi.

Anda dapat memanfaatkan lidi untuk mengusir kucing tanpa menyakitinya. Cukup dengan mengibaskan lidi tanpa perlu memukulnya, kucing akan pergi karena merasa tidak nyaman.

Selain gerakan meliuk-liuk, suara yang ditimbulkan akibat kibasan lidi juga mengganggu ketenteraman kucing.

8. Menggunakan obat pengusir kucing
Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan obat pengusir kucing yang tersedia di pasaran. Ada yang berupa bubuk, ada juga yang berupa semprotan.

Selain itu, obat pengusir kucing juga hadir dalam bentuk butiran. Cara penggunaannya cukup mudah dan praktis, yakni dengan menaburkannya di sekitar area yang disukai kucing liar.

Jangan lupa memilih obat pengusir kucing yang mengandung bahan organik agar tidak membahayakan nyawa kucing.

9. Menaruh botol berisi air
Botol berisi air merupakan salah satu cara mudah sekaligus aman yang dapat dilakukan untuk mengusir kucing liar. Caranya cukup dengan menaruh botol-botol berisi air di tempat yang kucing kerap kunjungi.

Cara unik ini diakui ampuh oleh penduduk Jepang dalam mengusir kucing yang datang ke rumah. Air di dalam botol dipercaya dapat membuat kucing liar merasa terancam dan kemudian pergi.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER