Kanal

Lantik Pengurus Dekranasda Rohil, Bupati Gesa Dekranasda Majukan Industri Rumah Tangga

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, atas nama Ketua Dekranasda Provinsi Riau Hj Misnarni Syamsuar, melantik Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Rohil periode 2021-2026, Jumat (26/8/2022), di Gedung Nasional H Misran Rais, Bagansiapiapi 

Turut hadir Wabup Rohil H Sulaiman, Sekda Rohil H Ferry Hendra Parya, Anggota DPRD Rohil, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta organisasi wanita se Rohil. 

Adapun Pengurus Dekranasda Rohil 2021-2026 yang dilantik, Ketua Dekranasda Rohil Ny Sanimar Afrizal Sintong, Wakil Ketua Ny Sari Eka Rahmi Sulaiman, Wakil-Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara, Ketua-Ketua Bidang, serta pengurus Dekranasda Rohil lainnya. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong, yang juga Pembina Dekranasda Rohil,  dalam sambutannya mengatakan dengan sudah dilantik Pengurus Dekranasda Rohil, maka bagaimana Dekranasda Rohil membudayakan dan melestarikan kerajinan nasional daerah. 

Gedung Dekranasda Rohil, harap Bupati, diharapkan dapat menjadi tempat untuk memajang beraneka jenis kerajinan daerah Rohil. 

"Bagaimana kerajinan derah kecamatan dikumplkan di sana, dan dipromosikan. Ibu-ibu juga harus bisa rajin buat kerajinan tangan dari limbah-limbah, sehingga menjadi UKM-UKM. Ini harapan kami," kata Bupati Afrizal Sintong. 

Dekranasda Rohil, ucap Bupati, juga diharapkan dapat memajukan industri rumah tangga, serta perlu dilakukan peminaan pada industri-industri rumah tangga yang ada di Rohil. 

"Sebagai Ketua  Dekranasda perlu lakukan pembinaan, turun ke kecamatan-kecamatan, dan kepenghuluan (serta kelurahan) melihat apa yang bisa, sumberdaya alam yang dapat dijadikan kerajinan tangan," jelas Bupati Afrizal Sintong. 

Dicontohkan Bupati, limbah kulit kerang, yang banyak di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika). Limbah kulit kerang tersebut, jelas Bupati, dari pada terbuang, dapat dijadikan sebagai produk kerajinan tangan yang bernilai ekonomi. 

"Dekranasda juga dapat membuat baju dan kain tenun. Sebab itu Dekranasda perlu melakukan inovasi-inovasi berbagai kerajinan tangan, sehingga dapat menjadi oleh-oleh dan buah tangan (yang dapat dibawa para pengunjung yang datang dari Rohil)," tandas Bupati Afrizal. (Amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER