Kanal

Disdikbud Rohil Pertimbangkan Pembangunan Kantor SMPN 3 Bangko Yang Terbengkalai

BAGANSIAPIAPI, riautribune.com - Pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI, membangun kantor dan penambahan  ruang kelas belajar di SMP Negeri 3 Bangko, di Kepenghuluan Serusa. Sudah lebih lima tahun, pembangunan kantor dan ruang kelas SMP Negeri 3 Bangko itu tak selesai dikerjakan, dan saat ini terbiar, terbengkalai. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Pemkab Rohil HM Nurhidayat SH MH, mengatakan Disdikbud Rohil perlu waktu buat memikirkan apakah harus dilanjutkan pembangunannya oleh Disdikbud Rohil. 

"Kalau ini (melanjutkan pembangunan kantor dan ruang kelas SMP Negeri 3 Bangko yang belum selesai) kami perlu waktu menjawabnya," kata Nurhidayat, usai melantik 13 Kepsek SMPN dan SDN di Kantor Disdikbud Rohil di Batu Enam, Jumat (29/7/2022). 

Bangunan kantor dan ruang kelas SMP Negeri 3 Bangko itu, bahkan tidak diketahui secara pasti kapan dibangun, meskipun diketahui sudah bertahun-tahur terbengkalai, diterpa hujan dan panas. 

"Kita juga harus tau, ketika ini terbengkalai, harus diketahui sumber pembiayaan pembangunan, dan kegiatannya dari mana, apa dari APBD. Kalau dari APBD harus diselesaikan dengan APBD," ucap Nurhidayat. 

Sementara, terang Nurhidayat, sudah tiga tahun ini Disdikbud tidak ada alokasi anggaran buat pembangunan kantor dan ruang kelas baru sekolah SMP. Selain itu, katanya, bangunan yang tidak selesai, dan terbiar selama bertahun-tahun belum tentu dapat dilanjutkan pembangunannya. 

"Kalau ternyata tidak dapat dibangun, tapi dibangun juga, maka konsekwensinya siapa yang membangun terakhir yang akan menanggung konsekwensinya," pungkas Nurhidayat. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER