Kanal

Penuhi Panggilan KPK, Sunny Tanuwidjaja Irit Bicara

JAKARTA - riautribune :Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Sunny Tanuwidjaja memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia yang datang sekira pukul 09.45 WIB enggan bicara banyak soal pemeriksaannya ini.

Termasuk, saat disinggung soal barter tambahan kontribusi PT Agung Podomoro Land dalam proyek reklamasi di Teluk Jakarta dengan penggusuran kawasan Kalijodo, Sunny enggan menanggapi. Dia memilih untuk masuk ke lobi Gedung KPK.

"Nanti ya, nanti. Setelah di BAP (periksa)," kata Sunny yang mengenakan kemeja batik di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2016).

Menurut Sunny, dirinya masih akan menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan suap pembahasan dua Raperda tentang reklamasi di Teluk Jakarta. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk Ketua Komisi D DPRD DKI, Mohamad Sanusi.

"Diperiksa masih dalam kasus yang sama," tukas dia.

Pemeriksaan Sunny ini merupakan ketiga kalinya dalam kasus dugaan suap yang sudah menjerat Presdir PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja. Penyidik lembaga antirasuah juga sudah memeriksa atasannya, yakni Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Selain itu, sejumlah pihak di lingkungan Pemprov DKl juga sudah diperiksa penyidik KPK dalam kasus ini. Mereka diantaranya, Kepala Bappeda Tuti Kusumawati hingga Kepala BPKAD Heru Budi Hartono.

Penyidik KPK juga telah memeriksa beberapa Anggota DPRD DKI. Mereka di antaranya yaitu, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, Wakil Ketua Balegda Merry Hotma, Anggota Balegda Muhammad Sangaji hingga Ketua Pansus Reklamasi Selamat Nurdin.

Selain itu, KPK juga telah memeriksa beberapa pengusaha yang terlibat dalam proyek reklamasi ini. Beberapa di antaranya seperti, Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan, dan CEO Pluit City Halim Kumala hingga Nono Sampono.

Hingga saat ini, KPK baru menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus suap terkait reklamasi.

Ketiganya yakni, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M Sanusi dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dan karyawan PT Agung Podomoro Trinanda Prihantoro.(okz/rt)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER