Kanal

8 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Perut Buncit

PEKANBARU, Riautribune com - Ukuran perut yang membuncit dapat meningkatkan risiko penyakit. Anda bisa mencegahnya dengan menghindari kebiasaan sehari-hari penyebab perut buncit.

Perut buncit dapat disebabkan oleh sejumlah aktivitas yang dilakukan berulang sehari-hari. Mulai dari pola makan hingga gaya hidup. Menghindari kebiasaan ini dan menggantinya menjadi gaya hidup sehat dapat mencegah dan menghilangkan perut yang membuncit.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kebiasaan sehari-hari penyebab perut buncit.

1. Merokok

Merujuk Medical News Today, kebiasaan merokok memiliki pengaruh buruk terhadap pembentukan lemak perut.

Hasil studi menunjukkan, orang obesitas dan perokok memiliki lebih banyak lemak visceral atau lemak tersembunyi dalam tubuhnya dibanding orang yang tidak merokok.

2. Kurang minum
Asupan air yang cukup bagi tubuh dapat mempercepat lipolisis yaitu proses tubuh ketika membakar lemak untuk energi.

Tapi sebaliknya, jika Anda kekurangan cairan maka fungsi lipolisis menurun, muncul dehidrasi, hingga fungsi tubuh bekerja tidak maksimal. Lemak pun menumpuk dan menyebabkan perut buncit.

3. Kebanyakan tidur

Tidur dapat membantu mempercepat metabolisme untuk melunturkan lemak. Namun, jika terlalu banyak tidur hingga melebihi durasi ideal, yang terjadi justru sebaliknya.

Para peneliti di Wake Forest menemukan, mereka yang tidur lebih dari 8 jam memiliki lemak perut yang banyak sehingga berisiko terhadap penyakit diabetes, jantung, dan stroke.

4. Makan sambil melakukan aktivitas lain
Saat tidak fokus makan, seseorang cenderung makan dalam porsi berlebihan yang membuat perut buncit. Misalnya, makan sambil menonton acara favorit.
Selama Anda makan, usahakan dalam keadaan fokus sambil menjauhkan diri dari kegiatan lain supaya tidak terganggu.

Oleh karena itu, cobalah makan dalam keadaan sadar, kunyah secara perlahan, supaya bisa merasakan setiap makanan yang masuk ke dalam mulut.

5. Mengunyah makanan terlalu cepat
Mengunyah makanan terlalu cepat termasuk dari kebiasan sehari-hari penyebab perut buncit hingga mempermudah kenaikan berat badan.

Terlalu cepat mengunyah rentan membuat makanan tidak halus sempurna sehingga membuat lambung harus bekerja ekstra dalam memecah makanan.

6. Pilih lift ketimbang tangga
Lebih memilih lift daripada menaiki tangga manual bisa menjadi salah satu penyebab perut membuncit.

Padahal, naik tangga bermanfaat membakar kalori tubuh termasuk lemak perut hingga dua kali lebih banyak.

7. Makan menjelang tidur
Makan dalam porsi banyak atau mengonsumsi makanan tinggi lemak menjelang waktu tidur, bisa mempengaruhi kerja metabolisme jadi tidak maksimal.

Alih-alih tidur dapat membakar kalori, yang terjadi justru menimbun lemak perut penyebab buncit hingga memicu gerd.

8. Selalu merasa bosan
Menurut penelitian Frontiers in Psychology, seseorang yang sering merasa bosan sering menjadikan makanan sebagai pelarian. Alhasil, asupan makanan tidak terkontrol.

Rasa lapar 'palsu' juga sering muncul tiba-tiba saat sedang bosan. Untuk mengatasinya, Anda bisa alihkan pikiran melakukan kegiatan lain seperti meditasi, berjalan kaki atau bersih-bersih.

Itulah kebiasaan sehari-hari penyebab perut buncit yang mesti dihindari.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER