Kanal

Usai Menang Grammy Awards 2022, Pendengar Musik Jon Batiste Meroket

JAKARTA, Riautribune.com - Capaian Jon Batiste di Grammy Awards 2022 berimbas pada meningkatnya pendengar musik sang penyanyi di layanan digital. Karya Batiste tercatat mengalami peningkatan streaming hingga 950 persen usai gelaran Grammys pada Minggu (3/4) malam waktu Amerika.
Catatan statistik dari Data Luminate menunjukkan peningkatan tajam setelah mendapatkan lima piala Grammys, seperti diberitakan dari Variety pada Kamis (7/4).

Dua hari sebelum Grammy Awards digelar, Batiste memiliki total streaming sekitar 307 ribu.Kemudian, 48 jam setelah ajang penghargaan musik digelar, angka itu bertambah menjadi sekitar 3,2 juta dengan peningkatan sebesar 950 persen.

Adapun lagu Jon Batiste yang paling banyak mengalami peningkatan pendengar adalah We Are. Lagu yang menjadi judul album sang penyanyi itu naik 2.045 persen di dua hari setelah Grammy.

Jika dilihat dari angka streaming harian, lagu-lagu Batiste dalam album We Are berkutat di angka sekitar 110 ribu. Streaming harian Batiste langsung meroket satu hari setelah Grammys, yakni sekitar 2,69 juta. Peningkatan dalam streaming harian itu sekitar 25 kali lipat jika dibanding rata-rata harian sebelum Grammys.

Sementara itu, single Freedom yang masuk nominasi Record of the Year dan juga dinyanyikan di panggung Grammy ikut meningkat hingga 1.046 persen. Peningkatan tersebut didapat dari perbandingan antara dua hari sebelum Grammy dengan dua hari setelah Grammy Awards.

Tak berhenti di situ, penjualan lagu Jon Batiste juga meningkat secara impresif. Selisih penjualan dalam empat hari sebelum Grammy dan empat hari setelahnya tercatat mengalami kenaikan hingga 2.544 persen.

Jon Batiste sukses membawa pulang lima penghargaan Grammy Awards 2022, termasuk untuk kategori paling bergengsi, yakni Album of the Year. Penghargaan itu diraih berkat albumnya yang berjudul We Are.

"Aku benar-benar percaya dari dalam hati bahwa tidak ada musisi terbaik, artis terbaik, penari terbaik, aktor terbaik," kata Jon Batiste di atas panggung.

"Aku telah mengerjakan karya ini setiap hari. Aku juga telah bermusik sejak aku masih kecil," lanjutnya.

Pelantun Freedom itu mengalahkan pesaing lainnya dari kategori Album of the Year, yaitu Tony Bennett dan Lady Gaga untuk Love for Sale, Justice (Triple Chuck Deluxe) milik Justin Bieber, Planet Here (Deluxe) dari Doja Cat, hingga Happier Than Ever milik Billie Eilish.

Beberapa yang lainnya yaitu Taylor Swift dengan Evermore, Olivia Rodrigo dengan Sour, Lil Nas X dengan Montero, hingga Donda milik Kanye West.

"Untuk para nomine, aku cinta kalian dan telah melalui pengalaman bermusik yang sama [dengan kalian]. Aku menghargai kalian," ujar Jon Batiste.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER