Kanal

Pengungsi Rohingnya Dipindahkan ke Pekanbaru, ini Respon Pemko

PEKANBARU, Riautribune.com - Ratusan pengungsi Rohingya akan dipindahkan ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dari sebelumnya ada di Bireuen, Provinsi Aceh.

Pemerintah kota Pekanbaru, informasinya sudah mendapat surat dari Kemenkopolhukam. Surat itu meminta kota Pekanbaru untuk mempersiapkan penerimaan pengungsi etnis Rohingya.
 
Namun Pemko dikabarkan masih belum dapat memastikan lokasi penempatan sementara pengungsi tersebut, dikarenakan pihak terkait masih menanti hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Seharusnya kemarin (Kamis, 24 Maret 2022) kita bahas terkait surat dari  Kemenkopolhukam dalam rapat forkopimda, tapi rapatnya ditunda," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian kepada Riautribune pada Jumat (24/3/2022).

Zulfahmi menyampaikan bahwa rapat tersebut untuk menindaklanjuti surat yang dilayangkan oleh Kemenkopolhukam. Ia menyebut bahwa Kota Pekanbaru bisa saja menerima atau tidak. Apalagi saat ini pemerintah kota belum ada persiapan jelang pemindahan.

"Nanti kita bahas dulu dalam rapat forkopimda, Kemenkopolhukam tentu memiliki pertimbangan memilih kota Pekanbaru," tutur Zulfahmi.

Ia menyebut bahwa pemerintah kota Pekanbaru belum memastikan tindak lanjut atas surat tersebut. Mereka juga mempertimbangkan bila memang ada opsi lain terkait rencana pemindahan ini.

"Kita tunggu saja hasil keputusan rapat dengan Forkopimda kedepannya," tutup Zulfahmi. (Reynold)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER