Kanal

7 Minyak Goreng Sehat untuk Masak

PEKANBARU, Riautribune.com - Minyak goreng ada banyak jenisnya. Selain dari kelapa sawit yang umum ditemui, ada jenis minyak goreng lain. Beberapa bahkan tergolong minyak goreng sehat. Ini dia daftarnya.

Di tengah polemik minyak goreng mahal, kamu perlu tahu informasi soal jenis minyak goreng selain yang berbahan kelapa sawit. Minyak ini memiliki fungsi sama yaitu menggoreng, meski ada kelebihan dan kekurangannya.

Hal ini terkait titik asap minyak goreng, profil rasa, aroma, hingga nutrisinya. Lalu mana yang tergolong minyak goreng sehat? Apa saja kandungannya dan seperti apa penggunaan terbaiknya?

Merangkum berbagai sumber, ini daftar 7 minyak goreng sehat untuk masak:

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun identik sebagai 'dressing' untuk salad atau diminum langsung, namun sebenarnya ada jenis minyak zaitun yang cocok untuk menumis dan menggoreng makanan. Jenis minyak ini memang lebih mahal, namun kualitas dan manfaat sehatnya tak perlu diragukan.

Minyak zaitun khusus menggoreng stabil di suhu tinggi dengan titik asap mencapai 176°C. Artinya, komponen nutrisi pada minyak zaitun lebih lama untuk rusak karena proses pemanasan. Minyak zaitun juga tinggi kandungan antioksidan dan vitamin E.

2. Minyak canola
Mengutip Everyday Health, minyak canola juga tergolong minyak goreng sehat karena hanya mengandung 7 persen lemak jenuh. Seperti minyak zaitun, minyak canola tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tergolong lemak sehat.

Dari segi fungsi untuk masak, minyak canola memiliki titik asap lebih tinggi dari minyak zaitun yaitu 204°C. Rasanya juga netral sehingga minyak ini tidak akan 'merusak' rasa makanan yang digoreng.

3. Minyak alpukat
Punya titik asap yang tinggi, minyak alpukat ideal untuk menggoreng. Foto: iStock
Jenis minyak goreng sehat selanjutnya adalah minyak alpukat. Healthline mengungkap minyak ini punya titik asap hingga 271°C sehingga sangat ideal untuk 'deep frying'.

Nutrisi utama minyak alpukat adalah tinggi kandungan asam oleat, lemak yang sehat untuk jantung. Minyak ini banyak disukai pelaku hidup sehat karena rasanya juga tergolong netral.

4. Minyak wijen
Minyak wijen identik sebagai pemberi rasa gurih nutty (kacang) pada makanan khas Asia. Jenis ini bernama 'toasted sesame oil' yang dipakai sebagai 'finishing' ketika masak.

Selain 'toasted sesame oil', sebenarnya ada jenis minyak wijen yang cocok untuk menggoreng. Minyak wijen ini memiliki titik asap tinggi yaitu 210°C. Rasanya juga tetap ada gurih khas kacangnya, namun lebih lembut. Minyak wijen ini kaya kandungan antioksidan yang sehatkan jantung.

5. Minyak kacang tanah
Kepada Good Housekeeping, ahli gizi Jada Linton menyebut minyak kacang tanah sebagai salah satu minyak goreng sehat. Jenisnya ada beberapa di pasaran, ada yang aroma dan rasa kacangnya lembut hingga yang kuat. Minyak kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Jenis minyak ini juga punya titik asap yang tinggi. Selain digunakan untuk goreng, ideal juga untuk menumis dan memanggang sayuran hingga daging. "Bonus terbaiknya, minyak ini kaya akan vitamin E yang bisa memenuhi 11% kebutuhan harian akan vitamin yang bagus untuk kulit tersebut," kata Linton.


6. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah 'sahabat' untuk para pelaku diet keto dan paleo. Minyak ini sering digadang-gadang sebagai minyak goreng sehat, tapi ternyata tidak sepenuhnya benar karena minyak kelapa tinggi lemak jenuh.

Penggunaannya dalam jumlah banyak untuk menggoreng tidak direkomendasikan, tapi lebih kepada untuk baking dan menumis saja. Ahli kesehatan merekomendasikan untuk memakai minyak kelapa secukupnya saja.

7. Minyak bunga safflower
Satu lagi minyak goreng sehat, minyak bunga safflower. Berasal dari tanaman Carthamus tinctorius, minyak ini merupakan sumber asam lemak sehat. Konsumsinya bisa menyehatkan jantung hingga kulit.

Minyak bunga safflower memiliki rasa yang netral sehingga bisa juga dipakai untuk marinasi, bahan pembuatan saus, hingga saus cocolan. Titik asapnya juga tergolong tinggi, menurut Healthline.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER