Kanal

Forum Bajir Sialangmunggu, Goro dan Swadana Atasi Banjir dan Kerusakan Lingkungan

PEKANBARU-riautribune: Puluhan warga sialangmunggu urun serta dalam agenda gotong royong, memperbaiki jalan, dan gorong-gorong yang rusak karena banjir dan genangan air hujan. Warga yang terdiri dari RW 10, RW 11, RW 32 dan RW 16 Kelurahan Sialangmunggu, kecamatan Tuah Madani, terlihat kompak  melaksanakan gotong royong, Minggu (21/02).

   Abraria selaku Koordinator Forum Banjir kepada wartawan menuturkan, kegiatan ini, diinisiasi oleh forum banjir yang terdiri dari beberapa RW di kelurahan sialangmunggu.

  "Kegiatan gotong royong ini, kami fokuskan di jalan alam Sakinah, karena jalan ini adalah akses bagi warga untuk maju ke jalan menuju 4 RW, RW 10, RW 11, RW 16, dan RW 32,"cakapnya

    Agenda yang juga dihadiri oleh tiga orang ketua RW, yakni RW 10 Wendri Tanjung, ketua RW 11 Julfikar, dan ketua RW 32 Dodi. Lebih lanjut Abraria menjelaskan, jalan tersebut dalam keadaan kondisi parah, karena selalu digenangi oleh banjir.

    "Medan jalannya berlobang, rusak parah,  gorong-gorong dipersimpangan rusak karena amblas, sehingga tidak bisa dilalui. Ketika hujan, kasihan warga, terutama ibu-ibu yang akan mengantar anaknya dengan motor, atau pejalan kaki harus menempuh genangan air tadi, "ucap Abraria.

    Perlu diketahui bahwa wilayah di empat RW ni adalah daerah aliran air dari kelurahan Delima, kelurahan Sidomulyo Barat, dan Tobek Gadang. Sementara kondisi tampungan airnya tidak memadai, diperparah dengan cuaca hujan dan sering banjir, sehingga sekian waktu kian rusak parah . Atas kondisi inilah, lahir kepedulian warga, bersama, turun serta memperbaiki kondisi tersebut. Hari ini digelarlah gotong royong, secara bergiliran membenahi jalan dan saluran atau gorong-gorong air.

     Pada kesempatan yang sama, ketua RW 11 Julfikar dengan penuh semangat mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang dengan kompak, urun serta aktif dalam kegiatan gotong royong ini.

    "Rasa kepedulian terhadap lingkungan ini harus tetap jaga,dan harus dijaga selalu,"terang Julfikar.

    Ini menjadi nasehat juga kepada semua pihak, kata Julfikar, bahwa tugas menjaga kebersihan, keindahan, Ketertiban lingkungan tidak hanya tugas Pemerintah kot, tetapi juga perlu peran serta warga.

  "Mari kita jaga bersama, dan terus menerapkan semangat gotong royong"Ungkap Julfikar.(rls)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER