Kanal

Wabup Rohil Resmikan Masjid Jami At-Tauhid Bagan Punak, Akan Dilengkapi TPQ

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong, meresmikan Masjid Jami' At-Tauhid di Jalan Kecamatan Batu Tiga, Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko, Jumat (18/2/2022). 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Masjid Jami' At-Tauhid. Setelah peresmian dilanjutkan sholat Jum'at berjamaah. Wabup Sulaiman juga menjadi imam pada Sholat Jum'at berjamaah perdana di masjid itu Sedangkan khutbah disampaikan Kakan Kemenag Rohil H Naini.

Wabup H Sulaiman mengatakan, Masjid Jami' At-Tauhid Bagan Punak dibangun Pemerintah Daerah (Pemda) Rohil menggunakan APBD. Masjid Jami' At-Tauhid ini, ucap Wabup, juga akan dibangun tempat pengajian Al-Qur'an (TPQ).

"Akan dilakukan semenisasi halaman dan pelebaran. Agar masjid ini menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya, maka pengurus harus akur, dan harus dijaga kebersihannya terutama kebersihan tempat berwudu, water close (WC) atau toiletnya," kata Wabup H Sulaiman.

Masjid yang berada dipinggir jalan keluar-masuk dari dan ke Bagansiapiapi ini, kata Wabup, nantinya akan menjadi tempat persinggahan banyak orang, siang atau malam. 

Sebab itu, Wabup juga meminta kepada pengurus masjid agar masjid ini selalu terbuka siang maupun malam. Soal keamanan, ucap Wabup, akan ditugaskan personil Satpol PP, dan kebersihan lingkungan akan ditempatkan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil.

"Masjid dengan fasilitas yang bersih, dan aman, diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan jema'ah saat beribadah. Jangan sampai masjid tutup. Mana tau ada yang perlu. Apa lagi ini masjid di jalan lintas, tentu akan banyak yang  singgah di masjid ini nantinya," tambah Wabup, mantan ASN di Bapenda Rohil.

Masjid Jami' At-Tauhid dibangun di atas tanah lebih kurang satu hektare dengan luas bangunan sekitar 500 meter persegi,  dan dapat  menampung 500 jama'ah solat berjamaah. Wabup berharap masjid ini tidak menjadi masjid milik sekelompok orang.

"Semoga masjid yang baru diresmikan ini kedepannya dapat membawa keberkahan, serta kebaikan bagi masyarakat, bagi masayarakat yang melintasi, serta diharapkan masjid ini menjadi tempat bagi seluruh umat Islam," tutur Wabup.

Mengenai nama masjid jami', dijelaskan Wabup masjid ini merupakan masjid tingkat Kelurahan atau Kepenghuluan. Kalau masjid tingkat kecamatan, sebutnya. disebut Masjid Besar. 

"Masjid tingkat kabupaten disebut Masjid Agung, dan masjid provinsi disebut Masjid Raya. Jadi kalau ada masjid disebut Masjid Jami' berarti itu masjid kelurahan," jelas Wabup.

Ketua Masjid Jami' H Amiruddin Dahlan, mengatakan tanah milik Pemda Rohil ini masih panjang kebelakang. "Ada sekitar 150 meter lagi panjangnya kebelakang. Jadi masih bisa bangun madrasah atau TPQ," kata Amiruddin. 

Peresmian Masjid Jami' At-Tauhid dihadiri Anggota DPRD Rohil Imam Suroso, Kepala DLH Rohil Suwandi S.Sos, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Ali Asfar, Camat Bangko Aspri Mulya, Kasdim Rohil, Babinkamtibmas Bagan Punak, serta masyarakat. (Amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER