Kanal

Danrem 031/Wirabima Brigjen M Syech Ismeth Terima Gelar Datuk Setio Lela Perkasa Dari LAMR Rohil

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI M Syech Ismed dan istri Ny Fitri Syech Ismed, diberi gelar Datok Setio Lela Perkasa, dan Datin Setio Lela Perkasa dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohil. 

Gelar adat ini merupakan gelar adat ke dua yang diperoleh Brigjen M Syech Ismeth dan istri, yang beberapa hari sebelumnya juga memperoleh gelar Datok Panglimo Ompu Alam Bosa dari LAMR Rokan Hulu (Rohul). 

Brigjen M Syech Ismeth diberikan gelar adat oleh LAMR Rohil berdasarkan pertimbangan, antaranya peranannya didalam menjaga keamanan dan ketertiban di Riau, sukses penanganan dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dan meruakan putra asli asal Riau. 

Pertabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf, pemasangan selempang oleh Datok Setia Adat Bupati Rohil Afrizal Sintong, serta pemberian keris oleh Ketua LAMR Rohil Datok Sri H Surya Arfan serta tepuk tepung tawar oleh tetua-tetua adat dan para tokoh lainnya. 

"Gelar adat ini sangat bermakna, dan semoga yang menerima mendapatkan berkah dan tuah," kata Surya Arfan, saat proses pentabalan.

Proses pertabalan gelar adat ini juga sebagai pelepasan secara adat Danrem 031/WB Riau Brigjen M Syech Ismeth, yang akan mengemban tugas baru sebagai Kapok Sahli Pangdam Iskandar Muda.

"LAMR Rohil mengucapkan selamat jalan kepada Danrem Brigjen M Syech Ismeth,  selamat menjalankan tugas dan semoga sukses di tempat tugas yang baru,," sebut Surya.

Datuk Setio Lela Perkasa Brigjen M Syech Ismeth dalam sambutannya mengatakan merupakan kebanggaan, kebahagiaan, serta kehormatan bagi dirinya atas pemberian gelar adat tersebut. 

"Didalam pemberian gelar tentu ada makna, dimana itu merupakan doa dan harapan semua orang, karena saya bertugas sebagai Danrem dan saya merupakan warga asli Kabupaten Rohil," kata Syech Ismeth.  

Dilanjutkan, ia akan amanah, menjunjung  dan gelar adat yang diberikan akan dipertanggungjawabkan dimanapun dirinya berada.

"Saya berjanji kepada seluruh masyarakat Kabupaten Rohil, saya akan membawa nama baik Rohil dimanapun saya berada. Gelar ini akan saya bawa dan perkenalkan diseluruh Indonesia," ucap Syech Ismeth, yang bertugas 22 bulan di Korem 031/WB Riau. 

Danrem meminta doa dari semua masyarakat agar bisa membesarkan dan membagakan Kabupaten Rohil ditempat tugas yang baru. 

Datok Setia Adat Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan, gelar Datuk Setia Lela Perkasa memiliki arti Lelaki (Pemimpin) Yang Gagah Perkasa. Pemberian gelar ini,  lanjut Afrizal, juga sebagai bentuk penghargaan, dan penghormatan kepada Danrem, yang merupakan putra asli Kabupaten Rohil, berpangkat Jenderal, dan bertugas di Riau.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami, seorang putra asli Rohil menjadi Jenderal dan bertugas di Riau dan nantinya akan bertugas di tempat baru. Kami masyarakat Rohil mengantarkan Danrem untuk bertugas di tempat baru semoga selalu di lindungi Allah SWT," kata Bupati Afrizal Sintong.  

Pentabalan gelar adat juga dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman, Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Wakapolres Rohil Kompol Hotmartua Ambarita, Asisten I Setda Rohil Ferry H Parya,  sejumlah Kepala OPD, Ketua MKA Melayu Rohil H Nasrudin Hasan, Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, ormas, organisasi profesi, serta lainnya. (Amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER