Kanal

Ini Profil Singkat Irjen Muhammad Iqbal, Kapolda Riau yang Baru

PEKANBARU, Riautribune.com - Irjen M Iqbal mengawali kariernya sebagai Pamapta Polresta Banjarmasin Polda Kalselteng pada tahun 1992. Lahir di Palembang pada tanggal 4 Juli 1970, Muhammad Iqbal lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) sejak menginjak usia 21 tahun. 

Sempat menjabat posisi Wakasat Lantas Polresta Banjarmasin, Iqbal kemudian ditunjuk sebagai Guru Muda I Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang tahun 1993.

Setelah 4 tahun menduduki posisi tersebut, perwira yang berpengalaman di bidang lalu lintas ini kemudian mendapat promosi sebagai Kasat Lantas Polresta (Poltabes nama dulunya) Pekanbaru pada tahun 2000.

Selang 3 tahun, Iqbal dipindahtugaskan ke Riau dengan posisi Wakapolresta Dumai. 

Sejak itu, jabatan-jabatan strategis kerap diembannya, seperti Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya Polda Jatim, Kapolres Gresik Polda Jatim, Kapolres Sidoarjo Polda Jatim, dan Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim.

Di bidang lalu lintas, lulusan PTIK tahun 2000 ini pernah didapuk sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri dan Kabid Humas Polda Metro Jaya. 

Dengan pengalamannya sebagai Humas, pada 9 November 2018, Wakapolda Jatim ini memperoleh promosi sebagai Kepala Divisi Humas Polri.

Perwira dengan pangkat Brigjen ini menggantikan posisi Irjen Pol Setyo Wasisto yang mendapatkan penugasan di Kementerian Perindustrian.

Sedangkan posisi Iqbal sebelumnya sebagai Wakapolda Jatim digantikan oleh Brigjen Pol Toni Hermanto. (Reynold)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER