Kanal

5 Menu Sarapan Sehat Ini Bisa Kamu Coba Untuk Memulai Hari

JAKARTA, Riautribune.com - Bagi sebagian orang, ada yang tidak bisa memulai hari tanpa sarapan. Apalagi jika mereka tidak bisa menahan lapar hingga siang tiba.

Nah, bagi Anda yang senang sarapan, berikut ini rekomendasi menu sehat untuk makan pagi hari:

1. Sandwich

Dilansir dari webmd.com, jika tidak suka makanan manis di pagi hari, buatlah sandwich dengan dua potong roti gandum dan beberapa daging tanpa lemak, selada, tomat, dan sepotong keju rendah lemak. Kombinasi tersebut dapat memompa protein dan vitamin yang  membuat seseorang merasa kenyang sepanjang pagi.

2. Oatmeal

Dikutip dari healthline.com, serat larut dalam oatmeal tidak hanya membantu mengurangi kadar kolesterol tetapi juga meningkatkan perasaan kenyang dengan menunda pengosongan perut dan memicu pelepasan peptida, yaitu hormon kepenuhan yang dapat mencegah makan berlebihan.

Gandum pada oatmeal merupakan sumber zat besi, vitamin B, magnesium, seng, dan selenium yang baik. Mereka juga mengandung sekitar 10 gram protein per cangkir (81 gram). Untuk meningkatkan kandungan protein, campur oatmeal dengan susu sebagai pengganti air.

3. Telur

Dilansir dari Healthline, telur merupakan sumber protein yang sangat baik, yang membantu mendukung sintesis otot dan menjaga tubuh tetap kenyang.

Dalam sebuah penelitian, orang yang diberi telur dan roti panggang untuk sarapan melaporkan rasa lapar yang jauh lebih sedikit dari pada mereka yang diberi sereal. Hal ini menunjukkan bahwa asupan protein kelompok telur lebih tinggi dibanding sereal.

4. Buah Berry

Segala jenis buah beri, seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry, adalah cara terbaik untuk memulai pagi. Mereka rendah kalori , tinggi serat, dan mengandung antioksidan penangkal penyakit.

Melansir medicalnewatoday.com, sebuah studi dari Asosiasi Jantung Amerika menunjukkan jika hubungan antara asupan antioksidan yang lebih tinggi yang ditemukan dalam buah beri dengan risiko serangan jantung yang lebih rendah pada wanita muda.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER