Kanal

Berikut Ciri-Ciri Handuk Yang Wajib Di Cuci

JAKARTA,Riautribune.com - Sudah berapa lama Anda memakai handuk yang sama untuk mengeringkan badan setelah mandi? Coba perhatikan kembali handuk Anda dan kenali ciri-ciri handuk yang sudah harus dicuci.

Handuk yang sudah lama tidak dicuci mengandung banyak kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan penyakit kulit.

Handuk yang basah dan lembap merupakan tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Menjemur handuk hingga kering tidak membuat handuk bisa dikatakan bersih.

Berikut ciri-ciri handuk yang sudah harus dicuci:

1. Mulai berbau
Handuk yang sudah mulai berbau harus segera dicuci. Bau merupakan tanda pertumbuhan jamur dan bakteri. Paparan jamur dan bakteri dapat meningkatkan risiko penyakit kulit seperti kudis, kurap, dan jerawat.

2. Sudah digunakan seminggu
Ingat kembali kapan Anda mulai memakai handuk. Ahli mikrobiologi medis University of Westminster, Manal Mohammed menyarankan untuk mencuci handuk setidaknya seminggu sekali.

Menggunakan handuk lebih dari seminggu meningkatkan risiko jamur dan bakteri berkembang biak.

3. Tetap lembap setelah dikeringkan
Handuk yang tetap lembap setelah dikeringkan juga harus segera dicuci. Kondisi yang lembap membuat mikroba semakin mudah berkembang biak.

"Meskipun sebagian besar kuman ini seringkali tidak berbahaya, beberapa di antaranya (termasuk bakteri Staphylococcus) dapat menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan, terutama pada orang dengan luka kulit dan orang dengan gangguan kekebalan," kata Mohammed, dikutip dari CNN.

Itulah ciri-ciri handuk yang sudah harus segera dicuci.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER