Kanal

Inilah Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Minum Teh Saat Perut Kosong

Pekanbaru, RiauTribune.com - Teh adalah minuman yang biasa diminum setiap hari, bahkan terkadang bisa hingga beberapa kali dalam sehari.

Namun pernahkah Anda mempertimbangkan apakah teh baik untuk Anda konsumsi, dan berapa banyak teh yang aman untuk dikonsumsi setiap hari, dan apakah Anda boleh minum teh sama sekali saat perut kosong?

Nina Maria Saldanha, ahli gizi eksekutif, Cloudnine Group of Hospitals, Bengaluru (Whitefield) membagikan efek samping dari mengonsumsi teh dan mengapa Anda tidak boleh meminumnya saat perut kosong, seperti dilansir RiauTribune.com dari India.com, Jum'at, 24 September 2021.

Dia berkata, “Teh harus dihindari jika Anda menderita keasaman, karena kandungan kafein yang tinggi dapat meningkatkan tingkat keasaman Anda. Ini juga menghambat penyerapan zat besi, jadi mengonsumsi teh secara berlebihan terutama jika Anda menderita anemia defisiensi besi, dapat merusak kesehatan Anda. Mengkonsumsi teh terlalu banyak saat sedang tidak sehat justru dapat menyebabkan lebih banyak masalah bagi kesehatan Anda, karena teh yang berlebihan dapat memicu mual, pusing, dan lain-lain."

Ia juga menyebut jika anak-anak di bawah usia 12-15 disarankan untuk tidak mengonsumsi teh atau kopi, karena itu dapat memiliki efek negatif pada pertumbuhan dan perkembangan mereka, dan juga menyebabkan kecanduan.

Mengkonsumsi teh dalam keadaan kosong dapat memiliki efek samping seperti :

  1. Minum teh saat perut kosong dapat mengganggu keseimbangan asam dan basa Anda.
  2. Teh dapat menyebabkan sembelit:Zat kimia dalam teh yang disebut Teofilin dapat memiliki efek negatif pada sistem pencernaan Anda yang dapat menyebabkan sembelit. Banyak dari kita memulai hari kita dengan teh karena membantu melancarkan buang air besar tetapi mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sembelit.
  3. Mengkonsumsi teh di pagi hari dapat menghambat penyerapan nutrisi lain.
  4. Teh memiliki jejak nikotin, yang membuat Anda kecanduan minuman.
     

Kapan waktu terbaik untuk minum Teh?

Anda dapat mengkonsumsi teh pagi Anda, 1-2 jam setelah makan sarapan Anda. Pastikan perut Anda tidak kosong, Anda juga bisa minum teh di malam hari dengan beberapa camilan.

Menurut ahli gizi Rujuta Diwekar, seseorang dapat memulai dengan air putih dan makan buah setelah bangun tidur, dan kemudian Anda dapat minum teh.

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER