Kanal

Inilah Menteri yang Akan Direshuffle

JAKARTA-riautribune: Perombakan alias reshuffle kabinet jilid kedua semakin kencang berhembus. Informasinya, reshuffle akan diumukan Presiden Jokowi di Istana Bogor sebelum 15 Januari 2016.

Kabar yang tersebar di kalangan wartawan, reshuffle kali ini tidak banyak yang berubah dari perbincangan yang ada selama ini.

Pertama, Luhut Panjaitan akan digesar dari Menko Polhukam dan dipercaya menjadi Menteri Utama yang membawahi para Menko. Ini adalah lembaga baru di kabinet Jokowi-JK. Selanjutnya Menko Polhukam akan dijabat oleh Johny Josephus Lumintang.

Kedua, Yuddy Chrisnandi akan dicopot dari Menteri PAN-RB dan posisinya akan diisi oleh kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketiga, Rini Soemarno digeser dari Menteri BUMN menjadi Menteri Perhubungan. Untuk posisi Menteri BUMN masih digodok Jokowi kemungkinan besarnya dari parpol.

Keempat, Basuki Hadimuljono akan dicopot sebagai Menteri PU Basuki diganti oleh kandidat profesional dari salah satu dirjen di Kementerian PU.

Kelima, Lukman Hakim Saifuddin akan dicopot dari kursi Menteri Agama, dan posisinya akan diisi oleh Marwan Jafar yang kini masih menjabat Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi.

Keenam, Ferry Mursyidan Baldan akan dicopot dari kursi Menteri ATR/Kepala BPN , dan posisinya akan diisi oleh Teten Masduki. Kini, Tetep masih tercatat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Ketujuh atau terakhir, HM. Prasetyo akan "ditendang" dari posisi Jaksa Agung, dan jabatan yang ia tinggalkan akan diisi oleh Todung Mulya Lubis.(rmol/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER