Kanal

8 Tanda Kehamilan Tak Terduga yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Pekanbaru, RiauTribune.com - Selama kehamilan, tubuh manusia dapat mengalami banyak perubahan fisik, emosional, dan psikologis , sehingga sulit untuk melacaknya. Perubahan ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan dengan cara yang tidak terduga.

Dilansit dari  Bright Side , kami menemukan 8 tanda kehamilan yang tidak biasa yang mungkin sangat diabaikan.

1. Tiba-tiba memiliki daging tumbuh
Daging kulit yang muncul secara tiba-tiba dapat berkembang di mana saja saat Anda hamil. Hal ini terjadi karena  perubahan kadar hormon atau  penambahan berat badan. Namun, ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

2. Kelebihan air liur
Tanda lain jika Anda sedang hamil adalah kelebihan air liur, yang juga dikenal sebagai  ptyalism gravidarum. Tidak diketahui mengapa hal ini terjadi , tetapi beberapa wanita hamil membutuhkan tisu untuk mengontrol kelebihan air liur.

3. Makanan terasa seperti logam bagi Anda.
Pada awal kehamilan, makanan bisa terasa asam dan logam, sebuah fenomena yang disebut dysgeusia . Mengkonsumsi makanan asam atau membilas gigi dengan garam atau soda kue setelah menyikat gigi dapat mengurangi rasa asam logam yang mengerikan ini.

4. Gusi Anda sakit
Perubahan pola makan dan kadar hormon dapat menyebabkan gusi berdarah selama kehamilan yang dikenal sebagai  gingivitis kehamilan . Penyakit gusi ini akan hilang , tetapi untuk meredakan rasa sakitnya, lakukan kebersihan mulut yang baik dengan menyikat gigi secara lembut.

5. Hidung berair
Hampir  20% ibu hamil mengalami bersin dan pilek. Gejala yang mengganggu ini bersifat sementara dan dapat diobati dengan olahraga teratur, pelembab udara, semprotan hidung , dan dekongestan.

6. Sesak napas
Selama tahap awal kehamilan, perubahan kadar hormon dapat menyebabkan sesak napas. Untuk meningkatkan pernapasan Anda selama kehamilan, latih postur yang baik dan teknik pernapasan yang penuh perhatian.

7. Indera penciuman yang kuat
Wanita hamil dapat memiliki indra penciuman yang tinggi, atau  hiperosmia , terutama terhadap parfum, kopi, bensin, atau makanan basi . Untungnya, hiperosmia hanya bersifat sementara dan berakhir setelah trimester pertama.

8. Anda mendambakan barang-barang non-makanan, seperti batu atau sabun
Beberapa wanita hamil telah melaporkan mengidam tepung jagung, nasi mentah, kapur, sabun, dan logam. Keinginan ini dikenal sebagai  pica , yaitu keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang non-makanan. Jika Anda tiba-tiba ingin mencoba sepotong batu, segera kunjungi dokter Anda .

Pernahkah Anda atau siapa pun yang Anda kenal mengalami gejala-gejala ini selama kehamilan? 

Apakah Anda tahu gejala kehamilan lain yang tidak biasa? 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER