Kanal

Para Ahli Ungkap Bahaya yang Mengintai Jika Menggunakan Talenan yang Sama Untuk Memotong Daging, Bua

KITA mungkin terbiasa menggunakan talenan untuk memotong daging, sayuran, atau buah-buahan. Mungkin terlihat sepele karena kita menganggap talenan bisa digunakan untuk memotong segala jenis makanan.

Namun siapa sangka, kebiasaan seperti itu justru bisa mengundang bahaya bagi kehidupan kita. Ruth S. MacDonald, profesor dan kepala Program Ilmu Pangan dan Nutrisi Manusia di Iowa State University, mengatakan ada dua kelas mikroorganisme yang berkaitan erat dengan makanan dan salah satunya adalah organisme patogen yang dapat membuat Anda sakit.

Lewat portal Popular Science, McDonald mengatakan, seringkali mudah untuk mengetahui apakah mikroorganisme menyerang makanan Anda. Misalnya ada tumor, cairan, benjolan dan makanan berbau busuk. Mikroorganisme patogen dalam makanan jauh lebih tersembunyi dan menyebabkan kram, muntah, diare, demam dan kedinginan, yang merupakan gejala yang terkait dengan 'flu perut'.

Aturan penting untuk keamanan pangan adalah menjaga kebersihan area persiapan. Selalu cuci tangan Anda sebelum memegang makanan apa pun.

Juga, pastikan untuk mencairkan daging atau barang basah di lemari es, bukan di atas meja. Jika daging beku pada suhu kamar, permukaan luar lebih hangat daripada bagian dalam dan ini mendorong virus berkembang biak. Lebih penting lagi, jangan gunakan talenan yang sama untuk daging, buah, dan sayuran.

MacDonald menyarankan untuk menggunakan talenan dengan warna berbeda seperti merah untuk daging, sedangkan hijau untuk buah dan sayuran. Pada saat yang sama, gunakan pisau, piring, dan peralatan yang berbeda untuk daging mentah dan letakkan daging yang sudah dimasak secara teratur di atas piring yang bersih.

Anda juga disarankan untuk tidak membilas daging atau ayam mentah di wastafel karena praktik ini akan menyebarkan bakteri di permukaan dapur.

Sebenarnya, Anda tidak perlu membilas daging dan ayam sebelum dimasak, tetapi jika Anda bersikeras melakukannya juga, Anda harus membersihkan wastafel dengan pembersih antibakteri dan menjauhkan makanan dari wastafel. Anda juga perlu memastikan makanan tidak terkontaminasi dengan pembersih.

Virus apa pun akan dihancurkan jika daging dimasak sepenuhnya hingga suhu yang disarankan. MacDonald menyarankan, suhu ideal untuk daging sapi adalah 160 F (71 C), 165 F (74 C) untuk unggas dan 145 F (63 C) untuk ikan.

Setelah makanan dimasak, simpan makanan pada suhu 140 F (60 C) atau lebih tinggi.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER