Kanal

Ini Sejuta Manfaat Air Kelapa yang Disebut Warganet Bisa Menjadi Obat Covid-19

POPULARITAS air kelapa akhir-akhir ini melonjak karena ada yang mengklaim bisa menjadi obat infeksi virus Covid-19. Namun, para peneliti menekankan bahwa air kelapa bukanlah obat Covid-19 dan hingga saat ini belum ada penelitian yang valid yang membuktikan bahwa air kelapa dapat bertindak sebagai obat untuk virus tersebut.

Namun air kelapa sebenarnya memiliki beragam nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan manusia seperti kalori (46 kalori), karbohidrat (9 gram), serat (3 gram), vitamin C (10 persen kebutuhan harian) dan magnesium (15 persen kebutuhan harian). kebutuhan harian).

Selain itu, ia juga menyumbangkan 17 persen kalium dari kebutuhan harian selain natrium sebesar 11 persen. Air kelapa termasuk salah satu jenis minuman rendah kalori dan gula, namun asupannya juga harus dibatasi dan tidak berlebihan. Yang terpenting pilihlah air kelapa yang bersih dan tanpa tambahan gula.

Air kelapa memiliki vitamin C, magnesium, serat, kalori dan beberapa yang baik untuk kesehatan.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Dari berbagai nutrisi air kelapa yang tercantum, ada beberapa manfaat kesehatan antara lain;

1. Membantu melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi oleh tubuh. Produksi radikal bebas ini meningkat ketika tubuh mengalami stres atau cedera. Dapat melonjak karena stres oksidatif yang mampu merusak sel-sel sehat dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam air kelapa mampu melawan radikal bebas dari tikus yang terkena racun, menderita kerusakan hati akibat stres oksidatif dan diabetes.

2. Berpotensi mengontrol gula darah

Studi pada hewan juga menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan tikus laboratorium dengan diabetes. Dalam penelitian tersebut, kadar hemoglobin (Hb) A1c tikus diabetes yang diberi air kelapa secara teratur lebih terkontrol kadar gula darahnya.

Air kelapa tidak hanya membantu mengontrol gula darah tetapi juga tekanan darah. Studi telah menemukan bahwa kandungan magnesium dalam air kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula darah tidak mudah melonjak.

3. Membantu mencegah masalah batu empedu

Salah satu cara untuk mencegah batu ginjal adalah dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Namun, penelitian pada hewan juga menemukan bahwa air kelapa juga dapat mencegah penyakit.

Menurut penelitian, air kelapa membantu mengurangi radikal bebas sebagai respons terhadap kadar oksalat dalam urin. Batu dapat terbentuk ketika kalsium, oksalat dan beberapa elemen lainnya membentuk kristal dalam urin.

4. Berpotensi menurunkan kadar kolesterol

Studi pada hewan menunjukkan bahwa minum air kelapa dapat menurunkan kolesterol, trigliserida dan lemak hati. Namun perlu diperhatikan bahwa pemberian air kelapa pada tikus laboratorium adalah 2,7 liter per hari.

5. Dapat menurunkan tekanan darah

Manfaat lain dari air kelapa adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien hipertensi yang minum air kelapa secara teratur memiliki tekanan darah yang lebih stabil.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER