Kanal

Virus Covid-19 Jadi Lebih Berbahaya di Daerah Yang Miliki Polusi Udara Tinggi

JAKARTA, Riauribune.com - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika menyebutkan, udara kotor berkontribusi pada keparahan Covid-19. Semakin buruk kontaminasi udara lokal, semakin tinggi kemungkinan membutuhkan perawatan intensif dan ventilasi mekanis.

Para peneliti yang mempelajari 2.038 orang dewasa yang dirawat di rumah sakit di daerah Detroit menemukan mereka yang membutuhkan perawatan intensif dan mesin untuk membantu mereka bernapas lebih mungkin tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi udara dan cat timbal yang lebih tinggi.

Anita Shallal dari Rumah Sakit Henry Ford Detroit mengatakan, paparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat merusak sistem kekebalan dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi virus, sementara partikel halus dalam polusi udara juga dapat bertindak sebagai pembawa virus dan membantu penyebarannya. .

"Studi ini menarik perhatian pada ketidaksetaraan sistemik yang mungkin menyebabkan perbedaan mencolok dalam hasil Covid-19 di sepanjang garis ras dan etnis," kata Shallal dalam sebuah pernyataan pada Kongres Mikrobiologi Klinis dan Penyakit Menular Eropa, di mana dia mempresentasikan temuannya. pada hari Jumat lalu.
"Komunitas kulit berwarna lebih mungkin berlokasi di daerah yang lebih dekat dengan polusi industri, dan bekerja di bisnis yang membuat mereka terpapar polusi udara," ujarnya, dilansir situs Asiaone.com.

Di sisi lain, varian Beta dari virus corona mungkin lebih mematikan daripada virus versi asli, menurut para peneliti di Afrika Selatan yang mempelajari lebih dari 1,5 juta pasien Covid-19. Meskipun varian Delta sekarang menyumbang persentase terbesar dari kasus Covid-19 baru di banyak negara, Beta masih beredar, dengan mutasi yang membuatnya sangat menular dan lebih sulit untuk dicegah atau diobati daripada versi aslinya.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang terinfeksi pada gelombang kedua pandemi, ketika Beta dominan, lebih mungkin memerlukan rawat inap daripada mereka yang terinfeksi selama gelombang pertama, setelah memperhitungkan faktor risiko pasien dan beban rumah sakit yang berlebihan.

Lebih lanjut, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki risiko kematian 31 persen lebih tinggi pada gelombang kedua, menurut laporan yang diterbitkan Jumat di The Lancet Global Health.

Para peneliti tidak mengetahui varian yang menginfeksi setiap pasien, jadi mereka harus menggunakan periode gelombang pertama dan kedua sebagai proksi untuk tipe varian.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER