Kanal

Masyarakat Pekanbaru Mulai Terjangkit Penyakit Akibat Kabut Asap

PEKANBARU - riautribune : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, M Amin, menuturkan saat ini masyarakat mulai terjangkit penyakit akibat paparan kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru.

 

"Sudah ada yang sakit, cuma angkanya saya belum dapat," ujarnya Jumat 2 Agustus 2019. Amin menjelaskan, ada beberapa penyakit yang timbul akibat kabut asap ini. "Dampak asap ada beberapa yang muncul, ispa, asma, paru-paru, jantung, dan juga iritasi mata," tuturnya.

 

Guna mengantisipasi bertambahnya masyarakat yang terdampak akibat kabut asap, Amin mengklaim pihaknya telah menyiagakan seluruh puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru. "Buka untuk penanganan, terutama Puskesmas," klaimnya.

 

Lanjutnya, Amin mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menghindari kabut asap. Salah satunya dengan mengurangi aktifitas di luar rumah.

 

"Kurangi aktifitas luar rumah, gunakan masker, jangan membakar sampah. Apabila terjadi gejala ispa, cepat dibawa ke puskesmas," pungkasnya.

 

Seperti yang diketahui, kabut asap mulai melanda Kota Pekanbaru dalam beberapa hari terakhir. Selain kualitas udara yang buruk, BMKG bahkan menyebutkan, jarak pandang hanya mencapai 4 kilometer.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER