Kanal

Sri Rukmini: "Begitu Dilantik Langsung Jalankan Tugas"

PEKANBARU-riautribune: Jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau yang baru, bakal mulai berkantor dalam waktu dekat. Hal itu dikatakan Anggota KPU Riau, Sri Rukmini.
  "Begitu jadwal pelantikkan ditetapkan, mereka secepatnya mereka akan bertugas,"Ucap Sri komisioner yang saat ini membawahi devisi SDM di KPU Riau, Jumat (31/1)
Ada pun penjaringan anggota KPU Riau periode 2019-2024 telah memasuki tahap akhir. KPU RI telah menyaring 10 orang yang dipercaya menjadi anggota KPU untuk periode 2019-2024.

Dari 10 orang tersebut, hanya 5 orang yang dilantik menjadi anggota KPU Riau, sisanya dipersiapkan menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW).

Menurut Sri Rukmini, pelantikan anggota KPU Riau nantinya bakal digelar di Jakarta. "Pekiraan tanggal 19 Februari ini mereka akan langsung berkantor. Sehingga kemungkinan pelantikannya sebelum 18 Februari di Jakarta," sebut Sri, Jum'at (1/02).

Sri menambahkan, kendati sejumlah KPU Kabupaten/Kota juga tengah dalam proses penjaringgan, pelantikan di Jakarta dilakukan untuk mengisi posisi komisioner tingkat provinsi.

"Kalau seleksi KPU Kabupaten/Kota masih berlangsung pada tahapan uji kepatutan dan kelayakan," tambahnya.

Ada pun jajaran komisioner KPU Riau yang nantinya dilantik bakal segera melakoni pekerjaan berat, menyelenggarakan Pemilu serentak 2019 April mendatang.

Berikut nama komisioner yang disusun berdasarkan ranking tertinggi:

1. Ilham M Yasir SH LLM
2. Firdaus SH
3. Abdul Rahman SE
4. Nugroho Noto Susanto SIP
5. Drs Joni Suhaidi
6. Khery Sudeska SP
7. Yasrif Yakub Tambusai SH MH
8. Dr Saut Maruli Tua Manik SHI MH CLA
9. Dr Ir H T Edy Sabli MSi
10. Alnofrizal SE MIkom
  Adapun latar belakang komisioner tersebut, Ilham Yasir adalah Komisioner Petahana, pernah bertugas sebagai wartawan di Harian Riau Pos, Firdaus adalah komisioner dari KPU kabupaten Kuansing. Nugroho Noto S, salah satu komisioner termuda memiliki darah Rokanhulu, dan sebelumnya bertugas sebagai staf ahli di Bawaslu RI, dan saat ini tengah menyelesaikan studi Magister ilmu Politik di Universitas Riau. Nama lainnya yakni Drs. Joni Suhaidi, pria yang biasa dikenal oleh sebagian orang sebagai ustad, berkarir sebagai komisioner KPU kabupaten Indragiri Hilir, cukup memiliki banyak pengalaman di Kabupaten Inhil.  (RLS)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER