Puskesmas di Riau Diminta Aktif Berikan Penyuluhan Germas

Dibaca: 70238 kali  Rabu, 05 April 2017 | 22:09:46 WIB
Puskesmas di Riau Diminta Aktif Berikan Penyuluhan Germas
Ket Foto : Kadiskes Riau pada kegiatan menyerahkan bantuan banjir di Langgam.

PEKANBARU - riautribune : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengingatkan kepada seluruh Puskesmas di Riau untuk rutin memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menyukseskan Gerakan Masyakarat Hidup Sehat (Germas) untuk mengurangi tingkat kunjungan berobat ke fasilitas kesehatan primer.

Menurutnya Mimi Yuliani, Germas adalah program Kementerian Kesehatan, sehingga semua pihak yang terlibat agar mensukeskan program dalam rangka mengurangi berbagai penyakit yang melanda masyarakat. Apalagi dasar hukumnya Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017.

"Dalam instruksi tersebut, petugas Puskesmas diminta datang ke rumah masyarakat untuk mendata penyakit yang menjangkiti dalam satu keluarga untuk diberi penanganan awal," ujar Mimi, Rabu (5/4/2017).

Melalui cara tersebut, kata Mimi, penyakit yang menjangkiti dapat diantisipasi lebih awal, sehingga konsultasi kesehatan masyarakat tidak terbatas dan tidak harus mengantri berlama-lama di Puskesmas atau Balai Pengobatan.

"Penyuluhan tersebut merupakan tindakan promotif dan preventif dengan harapan jumlah masyarakat sakit yang berobat ke Puskesmas akan berkurang," pungkas Mimi Yuliani Nazir. (lem)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Kamis, 09 Juli 2020 - 12:19:08 WIB

Warga Kelurahan Tanjung Kapal Gelar Acara Reses Eddy Mohd Yatim

PEKANBARU-riautribune: Salah satu titik yang juga dikunjungi oleh anggota DPRD Riau Eddy A MOhd Yatim, pada momen reses ini adalah kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.Kepada warga, Ketua Komisi V bidang kesejahteraan ini banyak membahas perihal BLT selama covid19 dan program-program yang diinginkan oleh masyarakat sesuai dengan prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Riau 2021.